Batam, Politik

Kesuksesan Pemilu Tergantung Kesiapan Penyelenggara Pemilu Dan Kesiapan Keamanan Pemilu

Juliadi | Kamis 28 Feb 2019 19:07 WIB | 3748




MATAKEPRI.COM, Batam - Menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) serentak April 2019 mendatang, kementerian dalam negeri (Kemendagri) menggelar Rapat koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional Dalam Rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019, Kamis (28/2/2019). 

Bahwa pemilu salah satu pilar demokrasi dan kesuksesan pemilu ditentukan oleh 2 faktor, pertama kesiapan dari penyelenggara pemilu baik pemerintah pusat maupun daerah.

Kedua kesiapan dari aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawanan pemilu. 

Ia melanjutkan, didalam Rakornas ini diharapkan terwujudnya Sinergitas yang kuat dan keseimbangan antar pemangku kepentingan pemilu dalam upaya menciptakan pemilu demokratis dan damai. 

ia menambahkan dalam Rakornas ini didukung oleh integritas penyelenggara pemilu didukung pemangku kepentingan pemilu demi terciptanya sinergitas sesuai yang diamankan pasal 434 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang.

baca juga : 5.671,76 Gram Sabu Di Musnahkan BNNP Kepri

Dan Rakornas pemilu ada tiga regional yakni, Barat, Timur dan tengah sebagai wujud implementasi sesuai UU Nomor 7 tahun 2017, yang harus memenuhi prinsip Mandiri, Jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien. 

menurutnya, tujuan Rakornas yakni sebagai upaya untuk mengoptimalkan Kewaspadaan baik itu,pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan pemilu dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2019 (pileg dan pilpres). 

sedangkan kerawanan pemilu merupakan tantangan demokrasi melalui politik identitas, ujaran kebencian dan kampanye hitam. Khususnya regional Barat kerawanan pemilu adanya dampak bencana alam dan permasalahan teknis lainnya. (Adi)



Share on Social Media