Lingga

Wabup Lingga Hadiri Pembukaan STQ Ke - III Kecamatan Singkep Pesisir

| Rabu 06 Mar 2019 11:17 WIB | 1809




MATAKEPRI.COM, Lingga - Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Ke - III tingkat Kecamatan Singkep Pesisir Kabupaten Lingga resmi di buka oleh Camat Singkep Pesisir Jasmad, kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Sanggar Seni Desa Persing, Selasa (05/3/2019). 


Turut dihadiri, Wakil Bupati Lingga Muhamad Nizar, Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga Juramadi Esram, Camat Singkep Barat Recky Sarman Timur, Kepala Desa Sekecamatan Singkep Pesisir, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta para tamu undangan lainnya.


Ketua panitia pelaksana Ir. Agustarman mengatakan, pelaksanaan stq ini merupakan seleksi tingkat kecamatan singkep pesisir guna mengikuti ajang di stq tingkat kabupaten lingga yang nantinya akan diadakan di daek ibukota kabupaten lingga pada tanggal 16 - 22 maret 2019. 


Adapun pelaksanaan stq tingkat kecamatan singkep pesisir yang ke - III ini dilaksanakan selama 3 hari  yang dimulai pada tanggal 5 hingga berakhir pada tanggal 7 maret 2019. Dengan jumlah peserta, 27  peserta dengan 3 cabang yang dipertandingkan yakni, cabang tartil qur'an, cabang tilawah remaja, dan cabang tilawah anak-anak.


"Stq ke - III kecamatan singkep pesisir mengambil tema "kita jadikan momentum pengatualisasian isi kandungan alqur'an dalam kehidupan secara kaffah". dari tema ini diharapkan dapat kiranya kita mengambil hikmah dan makna yang tersirat," kata Agus.


Dalam sambutannya Camat Singkep Pesisir, Jasmad mengatakan Alqur'an nur karim surat yang diturunkan allah adalah surat al ikraq dalam artiannya bacalah dengan tujuan dan bacalah serta laksanakan dalam kehidupan nyata. 


"Melalui STQ ke - III kecamatan singkep pesisir dapatlah kiranya kita semua mengambil hikmah dari isi kandungan alqur'an guna menuju kehidupan yang harmonis dan sejuk serta damai," terang nya.


Ditempat yang sama, Wakil Bupati Lingga Muhamad Nizar yang juga sebagai ketua LPTQ kabupaten lingga melalui Kabag Kesra kabupaten lingga Jaya Atmarija menyampaikan, dari 10 kecamatan yang sudah terlaksana baru pertama kali ini dalam pelaksanaan stq dengan mengadakan lucky drow. Hal ini adalah sebagai bentuk rasa peduli agar dalam pelaksanaan stq itu masyarakat dapat hadir dan menyimak dari kandungan alqur'an yang di perlombakan.


Dengan stq ke - III ini kita mengambil arti dan makna yang ada didalam alqur'an nur karim serta dapat kiranya kita terapkan kedalam kehidupan sehari - hari di masyarakat, agar terciptanya generasi yang qur'ani yang membentengi diri dari perilaku yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.


"Nantinya di stq kabupaten lingga akan melaksanakan 16 cabang yang akan di perlombakan, dengan kata lain apa yang dilaksanakan tingkat provinsi itu dan yang kita laksanakan ditingkat kabupaten lingga," tutupnya


Kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke - III Tingkat Kecamatan Singkep Pesisir diikuti 5 Desa  yaitu, Desa  Berindat, Desa Sedamai, Desa Lanjut, Desa Kote, dan Desa Persing sebagai tuan rumah pelaksanaan stq tingkat kecamatan singkep pesisir.(NAZILI)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait