Batam, Pariwisata

Keunikan 7 Pokok Pohon Kelapa Di Kecamatan Galang

Juliadi | Senin 11 Mar 2019 18:31 WIB | 953

Lingkungan Hidup


7 pokok pohon kelapa


MATAKEPRI.COM, Batam – Sebuah pohon kelapa di  Desa Belongkeng , jalan kelapa tujuh, Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang, Kota Batam, menyimpan keunikan.

Biasanya satu pohon hanya tumbuh satu batang saja, akan tetapi tidak dengan pohon kelapa ini. Pohon ini dari satu buah kelapa tumbuh 7 pokok kelapa.

Akan tetapi pada tahun 2012 lalu, muncul kenehan  satu pokok mati dan sekarang tinggal 6 pokok, yang memiliki 3 warana merah, putih dan kuning.

Menurut Salah satu orang yang dituakan disana, Abdul Rahman, ketika orang tua pemilik pohon tersebut masih hidup, ia katakan kepadanya supaya pohon kelapa itu dijaga. Karena takut diambil orang.

Saat ditemui, Abdul Rahaman bercerita, kejadia aneh pohon kelapa tersebut. Pada tahun 1976 maka dijadikan kelapa itu disemai, dimana kelapa tersebut digantung agar cepat tumbuh. 

Lanjut Abdul Rahaman, setelah sekitar satu minggu pohon tersebut ditanam, muncullah tunas kelapa 1, setelah minggu kedua tumbuhlah satu lagi, minggu ke 3 tumbuh satu lagi hingga 7 minggu terus-menerus tunas dari 1 buah kelapa yang untuk disemaikan memunculkan 7 tunas pokok kelapa.

Menurut Abdul Rahaman, setelah 7 pokok tumbuh,  maka oleh orang tua sang pemilik diturunkan ketanah.

Abdul Rahman, saat disinggung terkait masaah kepercayaan pohon tersebut, ia mengatakan kemungkinan ada.

Baca Juga : Dandim 0316/Batam Menghimbau Ke Prajurit Dalam Pemilu, Harus Netralitas Dan Tidak Terprovokasi

“karena saya liat kemujarapan kelapa ini dulu ada orang sakit, saat didepan pohon tersebut langsung  sembuh, padahal orang sakit sudah parah dibawa ke dokter tidak hilang,dibawa ketempat orang-orang pintarpun tidak sembuh-sembuh akhirnya dibawa kesini berniat dia.

"Ya kelapa 7 kalau benar-benar kamu ini menimbulkan keanehan, tolong sembuhkan penyakit saya. kalau sembuh penyakit saya akan memberikan kain 7 warna bendera,  kalau orang melayu pulokuning, ”ujar Abdul Rahman, Senin (11/3/2019) menirukan suara yang meminta tersebut.

Tambah Abdul Rahman, pohon tersebut juga sering di kunjungi para wisatawan dan ada juga para Calon Legeslatif yang datang hanya untuk meminta supaya terpilih. Akan tetapi beberapa waktu lalu salah satu paranormal dari pulau Jawa bertapa disitu selama 40 hari 40 malam, untuk mencari ilmu kebatinan.

Namun bagi warga disana pohon tersebut dianggpa biasa saja, dan buah kelapa pun juga sering digunakan warga untuk memasak. (Adi)