Batam, Politik

Dandim 0316/Batam Menghimbau Ke Prajurit Dalam Pemilu, Harus Netralitas Dan Tidak Terprovokasi

Juliadi | Senin 11 Mar 2019 18:51 WIB | 4757




MATAKEPRI.COM, Batam - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang akan dilaksanakan 17 April 2019 mendatang, Kodim 0316 /Batam menggelar apel pasukan bersama unsur TNI AD, TNI AL dan TNI AU bertempat di lapangan Makodim 0316 /Batam, Senin (11/3/2019). 

Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana, SE, menyampaikan pesan dari Danrem 033/WP, Brigjen TNI Gabriel Lema, dalam apel kesiapan pasukan pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019 di wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Dalam suasana keakraban dan kebersamaan. 

"Adalah suatu penghormatan dan penghargaan bagi kita semua untuk dapat hadir dalam rangka apel kesiapan gerak pasukan pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019, dalam komitmen kebersamaan demi kepentingan bangsa dan negara dapat tetap terjaga dengan baik. 

"Segenap peserta apel kesiapan pasukan pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019 yang saya hormati, sebagaimana kita ketahui penyelenggara pemilu legislatif dan presiden sudah di depan mata. 

"pesta demokrasi akan digelar pada tanggal 17 April 2019 untuk mengantisipasi terjadinya konflik di lapangan dalam pelaksanaan Pemilu kita perlu menyiapkan dan melatih kesiapsiagaan untuk menghadapi berbagai kemungkinan terjadi pada pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden tersebut, "ujar Romel. 

Lanjut Romel, bahwa Korem 033/WP bagian dari mempunyai tugas dan kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara dengan dengan peran aktif membantu polri dan pemerintahan daerah. 

Untuk menciptakan stabilitas wilayah yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu, sebagai prajurit yang memiliki disiplin tinggi, para prajurit dituntut harus mampu melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal harus memahami tugas sesuai tanggung jawabnya,dengan tetap menjaga nama baik dan Citra TNI di lapangan sebelum dan sesudah pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden. 

Baca juga : Sudah 56,88 % Pembangunan Jalan Kecamatan Galang Dikerjakan Tim Satgas TMMD Kodim 0316/Batam

"untuk itu, kita semua harus dapat melakukan langkah antisipasi dengan melakukan deteksi dini dan lapor cepat terhadap segala perkembangan situasi, kemudian melakukan tindakan pencegahan sesuai prosedur hukum yang berlaku, pada koordinasi dan kerjasama yang baik antara satuan dan instansi yang terkait, "tegas Romel. 

Harapan Brigjen TNI Gabriel Lema, melalui Letkol Inf Romel Jangga Wardhana, SE, untuk sama-sama berdoa dan semuanya dapat berjalan dengan sukses dan aman dalam melaksanakan tugas dan melanjutkan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. 

Selain itu, Romel, juga menghimbau kepada para prajurit untuk netralitas dalam pemilihan Legislatif maupun Pileg dan tidak mudah terprovokasi dengan teman maupun lingkungan sekitar.

Setelah apel pasukan, Romel mengatakan bahwa Mabes TNI telah membuat membuat buku ketentuan - ketentuan dalam pemilu 2019, dimana ketentuan - ketentuan cukup banyak sebelum maupun sesudah pemilu apa yang harus dilakukan TNI.  (Adi)



Share on Social Media