Batam, Politik

Djeng Ayu Ingin Lestarikan Kesenian Tradisional Indonesia Yang Hampir Punah

| Sabtu 06 Apr 2019 11:28 WIB | 2952




MATAKEPRI.COM, Batam - Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Riau (DPRD Kepri) Dapil 4 (Batam Kota, Lubukbaja, Bengkong dan Batu Ampar) dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dra. Hj. Titin Nurbaini Djeng Ayu., S.ag., MM, dengan nomor urut 2 menggelar kampanye yang di adakan Jl. Bengkong kolam, Jumat (5/4). 


Dalam kampanye tersebut mengambil tema "Mari sama - Sama kita Lestarikan seni Budaya Tradisional Asli Indonesia", dengan menampilkan kesenian Kuda Lumping dan kesenian Debus dari Banten 


Perempuan berdarah Sunda yang akrab di sapa Djeng Ayu, mengatakan bahwa pada kampanye terbuka ini, ia sebagai Caleg DPRD Provinsi Kepri ingin mengenal aspirasi Seni Budaya asli Indonesia yang kadang - kadang dilupakan. 


"kadang - kadang orang sudah lupa dengan Kebudayaan Tradisional asli Indonesia, apalagi berkembangnya zaman dengan adanya Gadget dan sebagainya, "ujar Djeng Ayu. 


Lanjut Djeng Ayu, bahwa sebagai inisiator ia khawatir bahwa kesenian Kuda Lumping dan Debus punah, ia ingin mereview generasi muda bahwasanya inilah (Kuda Lumping dan Debus) kesenian tradisional yang harus di Lestarikan. 


"Dan untuk yang muda - muda harus melestarikan kepada masyarakat luas, bahwasanya kesenian tradisional asli Indonesia ini lebih indah, lebih maju dan lebih di cintai lagi masyarakat, "ungkap Djeng Ayu. 


Tambah Djeng Ayu, dalam tema kampanye ini, ia ingin melestarikan Kesenian Tradisional asli Indonesia nenek moyang yakni, Kuda Lumping dan Debus ini. 


"Mudah - mudahan jika Bunda terpilih nanti, inilah motivasi Bunda untuk mengembangkan budaya - budaya tradisional dan kesenian - kesenian tradisional yang mulai pudar, yang akan di bangkitkan kembali serta akan di Lestarikan yang akan menjadi aset. 

Budaya Indonesia ini harus segera di Lestarikan, "kata Djeng Ayu. 


Djeng Ayu, mengatakan strategi untuk kemenangan dengan cara sosialisasi kepada masyarakat, dengan istilah ngamen yang langsung turun ke masyarakat dengan cara ngamen memperkenalkan kesenian tradisional Indonesia. 


Menurut Djeng Ayu, ia ingin memperkenalkan sosok dirinya kepada masyarakat dengan memperkenalkan kesenian tradisional asli Indonesia, yang ingin mengembangkan aspirasi seni budaya asli Indonesia. 


Lanjut Djeng Ayu, dari 12 misi dan visinya salah satunya mengembangkan kesenian tradisional asli Indonesia. (Adi)



Share on Social Media