Batam, News, Ekonomi

Rakor Dan Evaluasi Implementasi Non Tunai Se - Indonesia oleh Kemendagri

Juliadi | Kamis 18 Jul 2019 15:27 WIB | 4260

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri dan Wakil Walikota foto bersama dengan pejabat lainnya (Foto : Adi)


MATAKEPRI.COM, Batam - Rapat Koordinasi (Rakor) dan evaluasi implementasi non tunai se - Indonesia oleh kementerian dalam negeri (Kemendagri) yang di gelar di Best Western Premier (BWP) Hotel Panbil, Batam, Kamis (18/7/2019).


Dalam kegiatan tersebut, di hadiri Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri (DR. Drs. Agus Fathoni., M.Si), Wakil Walikota Batam (Amsakar Achmad), Perwakilan Lantamal IV, perwakilan Bank Riau Kepri, perwakilan Bank Jabar Banten cabang Kepri serta para tamu undangan lainnya.


Ketua Panitia, Jalfriadi, mengatakan bahwa dalam kegiatan ini, dana untuk kegiatan ini dari bantuan Bank Riau Kepri dan Bank Jabar Banten Cabang Kepri.

Kemudian Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, DR. Drs. Agus Fathoni., M.Si, mengatakan dengan adanya transaksi non tunai bisa aman karena apabila uang tunai diambil artinya uang itu hilang. Sementara jika kartu yang diambil tapi pin tidak diketahui, maka tidak  menjadi masalah.



Dikatakan Agus, transaksi non tunai ini juga fleksibel. Hemat karena uang dalam pecahan sangat kecil pun bisa. Tak ada lagi pembulatan. Bisa digunakan dalam kondisi darurat. Bisa diterima di seluruh negara. Dan untuk penggunaan transaksi non tunai ini juga berpotensi memberikan keuntungan bagi pemerintah daerah.



Menurut Agus, jika sudah menjalankan sistem non tunai, bisa memberi nilai maksimal bagi pemerintah daerah dalam peningkatan pendapatan asli daerah dan  implementasi transaksi non tunai ini sudah diujicobakan di beberapa daerah. Meski tidak termasuk dalam proyek percontohan, serta Kota Batam terdepan dalam penerapan transaksi non tunai di pemerintah daerah. (Adi) 



Share on Social Media