International

Terlalu Dekat, AS Punya Bukti Jelas Telah Menembak Jatuh Drone Milik Iran

| Sabtu 20 Jul 2019 16:28 WIB | 121



USS Boxer yang diklaim Trump telah menembak jatuh drone Iran di Selat Hormuz (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Washington DC - Amerika Serikat (AS) menegaskan pihaknya memiliki 'bukti sangat jelas' bahwa mereka telah menembak jatuh sebuah drone milik Iran. Penegasan AS disampaikan setelah Iran menyangkal dan menegaskan tidak ada satupun drone mereka yang hilang. 

"Kami memiliki bukti yang sangat jelas," tegas seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya, seperti dilansir AFP, Sabtu (20/7/2019). 

"Itu merupakan drone mereka (Iran-red) yang terbang terlalu dekat dengan kapal kami. Jika Anda terbang terlalu dekat dengan kapal-kapal kami, Anda akan ditembak jatuh," imbuhnya.

Pentagon atau Departemen Pertahanan AS, hingga Jumat (19/7) siang waktu setempat, belum mengonfirmasi apakah ada atau tidak bukti foto yang menunjukkan drone Iran yang ditembak jatuh.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya menyebut kapal militer AS, USS Boxer, telah menembak jatuh sebuah drone Iran di perairan dekat Selat Hormuz. Ditegaskan Trump bahwa USS Boxer mengambil 'tindakan defensif' terhadap drone Iran, yang disebutnya, 'mengancam keselamatan kapal dan awak kapal (militer AS)'. 

Dalam pernyataannya, Trump menyebut drone Iran 'dihancurkan dengan segera' setelah terbang dalam jarak 914 meter dari kapal militer AS dan mengabaikan beberapa kali peringatan untuk menjauh.

Pentagon menyebut insiden itu terjadi Kamis (18/7) pagi sekitar pukul 10.00 waktu setempat di perairan internasional, saat USS Boxer transit di perairan dekat Teluk Persia. Namun baik Trump maupun Pentagon tidak menyebut lebih lanjut bagaimana drone Iran dihancurkan. Laporan CNN menyebut kapal militer AS menggunakan peralatan electronic jamming, bukan rudal, untuk menjatuhkan drone Iran.

Pemerintah dan militer Iran dalam tanggapannya kompak menyangkal klaim Trump. Juru bicara Angkatan Bersenjata Iran, Brigadir Jenderal Abolfazi Shekarchi, menyebut klaim Trump itu 'tidak beralasan dan penuh khayalan'. 

Meskipun mengakui salah satu drone sempat terbang mendekati kapal militer AS, Shekarchi menyatakan seluruh drone Iran telah 'kembali dengan selamat' ke pangkalan militer. "Tidak ada laporan soal konfrontasi dengan kapal (militer) Amerika USS Boxer," tegas Shekarchi seperti dilansir Tasnim News Agency. 

Secara terpisah, Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araghchi, dalam pernyataan via Twitter menegaskan Iran tidak kehilangan satu pun drone. Dia malah melontarkan indikasi bahwa AS mungkin keliru menembak drone-nya sendiri. 

"Kami tidak kehilangan satu drone pun di Selat Hormuz maupun di lokasi mana pun," tegas Araghchi dalam pernyataannya. "Saya khawatir bahwa USS Boxer telah secara keliru menembak jatuh UAS (unmanned aircraft system atau drone tanpa awak) milik mereka sendiri!" imbuhnya.

(***/detiknews)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait