News, Lingga

Pemkab Lingga Meresmikan Gerakan Jum'at Mengaji Bagi Pelajar

Juliadi | Jumat 26 Jul 2019 21:49 WIB | 457




MATAKEPRI.COM, Lingga - Ratusan pelajar di Pulau Singkep, Kabupaten Lingga meramaikan peresmian Gerakan Jumat Mengaji yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Lingga dengan melibatkan pelajar tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK yang ada di wilayah setempat di Lapangan Merdeka Dabosingkep, Jum'at (26/07/2019).


Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar menyampaikan, Kegiatan ini adalah bentuk keprihatinan Pemkab Lingga yang mendapati bahwa masih ada siswa-siswi yang belum bisa membaca Al-Qur’an, yang bahkan terjadi di tingkat SMA.


Muhammad Nizar mengatakan dengan telah dicanangkannya secara resmi kegiatan pagi mengaji tersebut, maka aktivitas pagi mengaji ini selanjutnya menjadi agenda wajib di sekolah-sekolah sebelum memulai pelajaran.


Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan visi kabupaten Lingga yang ingin menjadikan Lingga sebagai pusat sumber daya kelautan, dan mewujudkan masyarakat yang maju, sejahtera, agamis dan berbudaya, maka sudah selayaknya kegiatan ini digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga.


"Ini juga menguatkan, jumlah jam pelajaran agama yang hanya dua jam dengan ini kita berharap nantinya setiap dua jam pertama sebelum memulai pelajaran bisa ditambahkan kegiatan ini," sebutnya.


Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kedepannya tidak ada lagi siswa-siswi Kabupaten Lingga yang beragama Islam yang tidak bisa mengaji. Selain itu, dengan kegiatan ini, beliau juga berharap bisa menekan dan mengurangi angka kenakalan remaja dan anak-anak yang belakangan marak terpengaruh oleh kemajuan teknologi.


"Kita sudah ingatkan juga kepada guru-guru, bagi yang nonmuslim dibolehkan keluar ruangan, pada saat kegiatan mengaji dimulai, dan tidak ada paksaan untuk itu," sebutnya.


Usai sambutan dari Wakil Bupati Lingga, acara dilanjutkan dengan mendengarkan penyampaian tausiyah dari Ustad Dhasmaroni Wijaya, perwakilan dari Kemenag Kabupaten Lingga. (NAZILI)



Berita Terkait

Tidak ada berita terkait