Batam, News, Ekonomi

Tahun 2019, Lampung Jadi Pemasok Utama 16 Ribu Lebih Hewan Qurban Kota Batam

| Kamis 08 Aug 2019 21:04 WIB | 2128

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Salah satu kandang hewan kurban di Sei Temiang. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM, Batam - Setelah mendekati hari raya idul adha yang identik dengan pemotongan hewan qurban, bersamaan dengan itu para pengusaha hewan qurban juga telah memasok beberapa jenis hewan qurban dari berbagai kota yang ada di Indonesia.


Hal tersebut juga setelah dilakukan pendataan oleh Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan (KPPH) Kota Batam, sebagaimana telah disampaikan oleh Neli selaku Kepala Bidang Peternakan Dinas KPPH kota Batam saat di temui di ruangannya pada Kamis (8/8).


Neli menyampaikan, Pendataan yang dilakukan oleh dinas KPPH kota Batam terus dilakukan hingga terakhir pada Rabu (7/8) kemarin yang mana telah di dalam data keseluruhan hewan qurban yang masuk ke kota Batam.


"Untuk sapi ada sebanyak 3334 ekor, dan untuk kambing ada sebanyak 13595 ekor. Yang mana hewan qurban tersebut tersebar di beberapa titik di kota Batam," ucapnnya.


Yang mana hewan qurban tersebut didatangkan dari beberapa kota yang ada di Indonesia seperti dari Bali, Jawa, Sumbar dan yang terbanyak berasal dari Lampung.


"Yang mana daerah Lampung menjadi sentral peternakan sapi, jadi sebagian besar hewan qurban yang ada di Batam berasal dari sana," imbuhnya.


Dinas KPPH kota Batam juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan kurban di seluruh hewan qurban yang masuk ke kota Batam diantaranya pemeriksaan kesehatan.


"Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan untuk mengetahui kelayakan potong hewan qurban tersebut, dan kita juga memberikan label kepada hewan kurban yang telah di periksa," jelas Neli.


Neli melanjutkan selain itu, pihak nya juga akan memberikan sertifikat kesehatan hewan qurban kepada pemilik usaha penjualan hewan kurban tersebut, yang biasanya di tempat di tempel di dinding.


Ada bebebrapa titik kandang hewan qurban yang tersebar di kota Batam, seperti di Batuaji, Sagulung, Tembesi, Nongsa, Bengkong dan Batam Kota,  namun jumlah hewan qurban terbanyak terdapat di Sei Temiang.


kandang hewan Kurban yang berada di Sei Temiang. (Foto : Agung)


Dari total data di atas, ada sebanyak 2743 ekor sapi dan sebanyak 7666 ekor kambing berada di Kandang Sei Temiang.


"Untuk jumlah pengusaha penjual hewan kurban di Kota Batam ada sebanyak 50 lebih, hanya 30 yang telah terdaftar di Asosiasi," Pungkasnya. (Agung.AM)



Share on Social Media