International, News

Picu Masalah Kesehatan, Pemerintah Mulai Bersihkan Timbal Di Area Bekas Kebakaran Di Notre-Dame

Moria | Rabu 14 Aug 2019 10:40 WIB | 12



Notre Dame (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Paris - Pemerintah Kota Paris, Prancis, mulai membersihkan timbal di area sekitar Katedral Notre-Dame akibat kebakaran yang terjadi pada April lalu. Timbal yang ada di sekitar lokasi disebutkan telah memicu masalah kesehatan masyarakat setempat. 

Pekerjaan restorasi Notre-Dame pun terpaksa harus ditunda sementara. Dikutip dari AFP, Rabu (14/8/2019), saat ini barier telah dipasangkan di pusat Kota Paris. 

Sejumlah truk datang mengirimkan pipa dan pompa untuk membersihkan halaman terbuka di depan Notre-Dame. Hasil tes telah menunjukkan kadar timbal dalam kategori sangat berbahaya dan berdampak terhadap sekolah-sekolah dan bangunan lain di sekitar gereja. Hal ini menimbulkan kekhawatiran para penduduk terkontaminasi logam beracun.

Ratusan ton timah yang berasal dari atap dan menara gereja bergaya gotik itu diketahui meleleh saat kebakaran pada April lalu. Partikel lelehan timah itu terbawa angin hingga ke halaman luar gereja. 

Area seluas 10.200 meter persegi di depan gereja itu akan dibersihkan menggunakan berbagai teknik. Disebutkan, proses pembersihan di antaranya dengan menyedot kotoran di sekitar trotoar, menggosoknya, hingga membilasnya dengan selang tekanan tinggi. 

Pada beberapa jenis batuan atau tekstur, pembersihan akan dilakukan dengan cara membalurkan gel khusus yang akan mengeras setelah tiga hari. Selanjutnya, gel yang sudah mengeras akan ditarik, sehingga mengangkat partikel berbahaya yang ada di atas permukaan. Pembersihan direncanakan berlangsung hingga 23 Agustus 2019.

(***/detiknews)



Berita Terkait

Tidak ada berita terkait