Batam, News, Ekonomi

ISAA DPC Batam Tak Ragu Bersaing Dengan Keagenan Bertaraf Internasional

| Kamis 22 Aug 2019 20:09 WIB | 2453

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Kawasan Industri


Para Perwakilan instansi pemerintah yang mendukung kehadiran ISAA DPC Batam untuk bisa meningkatkan perekonomian industr


MATAKEPRI.COM, BATAM - Asosiasi yang akan menjadi wadah keagenan perkapalan Industri di kota Batam, para pengurus ISAA DPC Batam yang baru di Lantik pada Kamis (22/8) ini Tak Ragu untuk mampu bersaing dengan para keagenan luar negeri.


Erdi Steven Manurung yang merupakan ketua ISAA DPC Batam, akan melakukan beberapa langkah untuk melakukan dobrakan sebagai langkah awal, agar bisa memberi perubahan untuk perekonomian di industri kemaritiman kota Batam.


Erdi yang telah terpilih menjadi ketua untuk masa bakti 2019 -2024 akan terus menampung dan mencoba menyelesaikan permasalahannya yang sering kali di temukan oleh para agen perkapalan di Batam.


"Kita akan coba bantu, untuk sarana prasarana, SDM dan juga perizinan," kata Erdi, kepada pewarta setelah pelantikan berlangsung.


Baca juga : ISAA DPC Batam Resmi di Lantik, siap Menjadi Wadah Pengusaha keagenan perkapalan


Memiliki para pengurus yang telah menguasai bidang tersebut, Erdi optimis mampu menjadi asosiasi bertaraf internasional dan bisa meningkatkan perekonomian industri kemaritiman di kota Batam.


Harapan yang sama juga diungkapkan oleh Ketua DPP ISAA, Kuswandi Kristanto yang juga hadir untuk melakukan pelantikan pengurus ISAA DPC Batam. Kuswandi pun berharap, kehadiran ISAA di Kota Batam mampu mendorong dan menciptakan lapangan pekerjaan di Kota Batam.


Menjadi asosiasi yang bertaraf internasional tidaklah mudah, tentunya hal tersebut harus dibarengi dengan kerja keras secara maksimal, profesional serta saling bersinergi dengan Instansi terkait dan juga pemerintah kota menjadi kunci utama.


"Ketua dan para pengurus harus saling bersinergi dan menjalin keharmonisan kepada instansi maupun pemerintah kota," jelas Kuswandi.


Kuswandi melanjutkan, Kepri yang merupakan daerah dengan 98 % lebih perairan menjadi tempat yang harus mendapatkan penanganan dan perhatian yang khusus.


"Jika kita selalu memberikan Pelayanan yang terbaik, bukan tidak mungkin kita mampu bersaing dengan keagenan dari luar negeri. Dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan di Kota Batam, yang tentunya akan menurunkan angka pengangguran," imbuhnya.


Meskipun baru dilantik, ISAA DPC Batam pada saat ini telah bekerja sama dengan 50 lebih perusahaan agen perkapalan di kota Batam ini.


Berbagai dukungan juga di sampaikan untuk ISAA, antara lain dari Pemko Batam, yang mana walikota Batam di wakili oleh Kepala Dinas Perhubungan, Rustam Efendi yang mengatakan kota Batam yang merupakan kota industri (dalam hal ini kemaritiman) yang tentunya sangat membutuhkan Keagenan yang bisa diandalkan dan mampu memberikan pelayanan yang profesional.


Erdi Steven Manurung  ketua ISAA DPC Batam saat memberikan cindera mata kepada Kepala Dinas Perhubungan, Rustam Efendi. (Foto : Agung)


"Maka kehadiran ISAA tentunya akan sangat membantu para agen perkapalan tersebut," kata Rustam.


Dukungan serupa juga di berikan oleh BP Batam, yang telah Hadir dalam pelantikan yang di wakili oleh Kasubdit Humas BP Batam, Yudi Haripurdaja yang mengatakan dengan terbentuknya ISAA DPC Batam merupakan langkah yang tepat, karena Batam merupakan tempat yang strategis dalam mengembangkan perekonomian industri kemaritiman. Batam sendiri di kenal dengan Industri Shipyard.


"Dengan mempermudah perizinan yang di berikan dan memaksimalkan perkembangan teknologi di kota Batam serta memanfaat SDM yang handal dan berpengalaman, pasti bisa memberikan daya tarik bagi para investor baik dari dalam serta luar negeri." Harap Yudi.


"Dengan kata lain, Batam yang saat ini telah menjadi Kota industri dan Kota Wisata, akan mampu menumbuhkan industri kemaritiman seiring dengan pertumbuhan teknologi dan SDM yang semakin meningkat," Imbuhnya.


ISAA yang merupakan salah satu organisasi keagenan kapal, telah berkembang dengan pesat di beberapa kota di Indonesia, seperti di Medan, Dumai, Palembang, Lampung, Banten, Jakarta, Semarang Surabaya, Makassar, Samarinda, Balikpapan dan Banjarmasin. Sementara untuk di Padang dan Pontianak akan segera menyusul untuk pelantikan. (Agung.AM)



Share on Social Media