Batam, News, Kepri

BPJS Kesehatan Berikan Pelayanan Prima Demi Puaskan Hati Peserta.

Egi | Jumat 23 Aug 2019 14:46 WIB | 1994

BPJS Kesehatan/Keternagakerjaa


Karyawan BPJS Kesehatan berikan pelayanan kepada peserta (Foto: Egi)


MATAKEPRI.COM,Batam-BPJS Kesehatan berikan pelayanan prima kepada peserta dan masyarakat. Khususnya dalam pelayanan di kantor cabang, diharapkan setiap peserta merasa puas, karena mendapatkan pelayanan yang baik sesuai dengan yang peserta harapkan merupakan salah satu misi, Jum'at (23/8).

Cory Cintami selaku Frontliner Supervisor BPJS Kesehatan Cabang Batam, mengatakan bahwa untuk mewujudkan pelayanan yang prima di kantor cabang, pihaknya melakukan berbagai upaya. Upaya tersebut antara lain roleplay, briefing, uji pemahaman regulasi dan pemantauan kinerja frontliner melalui aplikasi waktu tunggu layanan.

"Kita rutin melakukan upaya-upaya di atas, untuk mengoptimalkan performa frontliner, karena frontliner lah yang menentukan bagaimana pelayanan yang diberikan kepada peserta,"ungkap Cory.

Cory menjelaskan bahwa pihaknya melakukan roleplay dengan bermain peran antar frontliner. Di dalam roleplay tersebut ada yang berperan sebagai peserta sementara yang lain menjadi petugas. Pada akhir roleplay setiap frontliner akan memberikan feedback kepada lawan mainnya sehingga setiap frontliner tau kekurangan masing-masing dan kembali berpedoman kepada regulasi terkait pedoman standar pelayanan peserta.

Pedoman tersebut juga biasanya dibahas bersama frontliner melalui uji pemahaman dan bedah kasus.

"Selain roleplay dan uji pemahaman,kami juga melakukan evaluasi harian berupa briefing. Tidak hanya dengan frontliner tapi juga security yang membantu dalam proses pelayanan. Biasanya kami membahas permasalahan yang ada setiap harinya, dan mencari solusi bersama,"ucap Cory.

Tidak cukup dengan upaya tersebut, Cory juga melakukan pemantauan terhadap waktu layanan setiap frontliner melalui aplikasi CSTI (Customer Service Time Index). Hal ini untuk memastikan waktu tunggu dan waktu layanan kepada peserta, sehingga peserta dilayani sesuai dengan SLA (Service Level Agreement).

Anita Sari salah satu peserta yang memperoleh layanan di kantor cabang mengakui puas dengan layanan yang diberikan. Bagus, cepat dan sesuai harapan. 

"Frontliner jelas menyampaikan segala sesuatu, proses pendaftaran juga berjalan cepat sehingga tidak perlu menunggu lama,"tutupnya.

Hal yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Batam ini dibuktikan dengan kedudukan di posisi 10 (sepuluh besar) performa pelayanan prima seluruh Indonesia. Harapannya pelayanan yang diberikan kepada peserta dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.(EAG)




Share on Social Media