Batam, News, Hukum & Kriminal

Kurang Kesadaran, Rambu Jalan Masih Banyak Yang di Curi

| Senin 26 Aug 2019 17:33 WIB | 2327

Polres/Ta dan Polsek
Hukum & Kriminal


Rambu lalu lintas yang hilang akibat dicuri. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM, Batam - Masih minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan rambu jalan, membuat beberapa oknum nakal melakukan pencurian terhadap rambu-rambu jalan tersebut.


Terlihat oleh Matakepri.com, beberapa rambu jalan yang telah di curi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab seperti di jembatan layang Laluan Madani Batam.


Wakil Ketua Satuan Lalulintas (Wakasat lantas) Polresta Barelang mengatakan, bahwa penempatan rambu lalu lintas di jalan itu sangat penting. Hal tersebut bertujuan untuk menggambarkan lokasi jalan tersebut.


Beberapa saat lalu pihak nya juga mengetahui ada oknum yang mengambil rambu lalulintas, untuk di jadikan rongsokan. "Padahal, apa yang di lakukan oleh oknum tersebut sangat mengancam para pengguna jalan," Ucap AKP Kartijo kepada Matakepri.com beberapa waktu lalu.

Para oknum tersebut tentunya bisa terjerat hukum, yang mana  telah tertuang dalam pasal 258, yang berbunyi Masyarakat wajib memelihara, berperan serta dalam menjaga sarana dan prasarana jalan, pengembangan disiplin dan etika saat berlalulintas, serta berpartisipasi dalam keamanan dan keselamatan masyarakat.


Yang tentunya oknum tersebut mampu di jerat dengan pasal berlapis, atas perbuatannya.


Tidak hanya itu, wakasat lantas juga menyoroti masalah kebersihan di Underpas pelita, yang mana Tim nya juga sering melakukan pemantauan, namun masih saja banyak oknum yang yang coret-coret dinding nya.


"Kepada seluruh masyarakat yang telah mengetahui aturan tersebut untuk dapat sama-sama menjaga, atau juga menegur dan bahkan bisa melaporkan apabila mengetahui ada oknum yang melakukan tindakan kriminal tersebut," Pungkasnya. (Agung.AM)



Share on Social Media