Batam, News, Hukum & Kriminal

WBP Asing di Lapas Barelang di Dominasi kasus Narkoba

Agung | Selasa 17 Sep 2019 11:14 WIB | 384

Pemko Batam
Kriminal
Rutan


Kalapas kelas IIA Batam, Surianto.


MATAKEPRI.COM, Batam - Dari ratusan dan ribuan Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada di lapas kelas IIA Batam, dan berbagai kasus yang membawa para WBP ke lapas, ada satu kasus yang saat ini mendominasi WBP asing di lapas.


Dari informasi yang di dapat dari kepala lapas kelas IIA Batam, Surianto mengatakan bahwa para WBP asing yang saat ini di tahan di lapas masih di dominasi atas kasus narkoba.


Berbagai kasus yang dilakukan oleh para WBP tersebut antara nya berhubungan dengan narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba) lainnya.


Tentunya hal ini menjadi indeks peredaran narkoba di negeri ini juga banyak dipengaruhi oleh invansi asing. karena memang Batam merupakan kawasan yang terletak di wilayah perbatasan dan menajdi jalur lintas berbagai negara asing.


"Ada sebanyak 71 WBP asing yang saat ini tercatat ada di lapas Batam. Dari berbagai negara, seperti Tiongkok, Malaysia dan Singapura, dan yang terakhir masuk adalah beberapa orang asal negara Taiwan," Ucap Surianto saat di konfirmasi pewarta beberapa waktu lalu.


Bahkan Surianto juga mengungkapkan, ada seorang narapidana asing kasus perlindungan anak yang merekam video yang sempat viral di Batam, warga binaan berstatus kewarganegaraan Inggris.


"Dia pidana sementara. Kita sekarang dalam komunikasi intens dengan kedutaan Inggris dalam artian penjaminan dan ikut memberikan perlindungan terhadap warga negaranya," terang Surianto.


"Dari keduataan sendiri ada grasi untuk warga negaranya," tutupnya. (AM)