Nasional , News

Kolinlamil Budidayakan Ikan Untuk Ketahanan Pangan Sektor Maritim

Juliadi | Jumat 27 Sep 2019 19:09 WIB | 2043

TNI/Polri


Istimewah


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Jajaran Staf Potensi Maritim (Spotmar) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menjalin kerja sama dengan Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang Kementerian Kelautan Perikanan melaksanakan kegiatan penebaran bibit ikan di area Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (27/9).


“Spotmar Kolinlamil Sebagai organisasi baru di Kolinlamil harus menunjukan kinerja dalam pemberdayaan potensi maritim untuk mendukung sistem pertahanan negara di Laut, juga sebagai satker yang menjembatani tugas dukungan Kolinlamil terhadap pemerintah pusat dan daerah dalam rangka pembangunan nasional,” ujar Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E.,M.M. disela-sela menghadiri peresmian Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) di Lanud Halim Perdanakusuma.


Selama ini, Kolinlamil telah melaksanakan berbagai kegiatan terkait pembinaan potensi maritim, diantaranya pembinaan generasi muda khususnya para siswa melalui penyuluhan bela negara, kunjungan ke kapal perang, latihan dasar kepemimpinan dan lain lain.


Pada kesempatan Kolinlamil mendapatkan bantuan bibit ikan jenis nila dan kakap berjumlah 22.000 ekor ini dalam rangka program ketahanan pangan sebagai bagian dari program pembinaan ketahanan wilayah.


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan sektor maritim, menjaga kebersihan sampah diselokan dan memberikan edukasi kepada prajurit untuk pemanfaatan selokan sebagai wisata kolam ikan yang bernilai ekonomis. Harapannya dengan kegiatan ini menjadi triger bagi masyarakat khususnya keluarga prajurit agar dapat memanfaatkan lahan atau pekarangan khususnya selokan-selokan sehingga dapat memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat.


Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah yang mengkampanyekan dan mengajak masyarakat agar gemar makan ikan. oleh karena itu program ini perlu dilaksanakan secara berkelanjutan. Penebaran 22.000 benih ikan tersebut dilaksanakan bersama antara pihak Kolinlamil yang dipimpin Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Maman Firmansyah dengan pihak BLUPPB Karawang Kementerian Kelautan dan perikanan RI. (***)


Sumber : Dispen Kolinlamil



Share on Social Media