Batam, News, Kepri

Jurnalis Batam Besok Gelar Aksi Damai Di Mapolresta Barelang

Egi | Minggu 29 Sep 2019 10:57 WIB | 2096

Polres/Ta dan Polsek
Jurnalis
Aksi Damai


Devisi Advokasi AJi Batam, Leo Halawa saat ditemui di Ruang Tamu Kantor Kadin Kota Batam (Foto:Egi)


MATAKEPRI.COM,BATAM - Puluhan Jurnalis kota Batam yang tergabung dari beberapa Aliansi akan menggelar aksi Damai di Mapolresta Barelang dengan titik kumpul yang diagendakan di depan Kantor DPRD kota Batam, Minggu (29/9)


Devisi Advokasi AJi Batam, Leo Halawa mengatakan aksi Damai di Mapolresta Barelang akan digelar pada hari Senin, 30 September 2019. Hal ini dilakukan atas terjadinya peristiwa kekerasan terhadap sejumlah jurnalis oleh aparat kepolisian saat demonstrasi didepan Gedung DPR-RI, Jakarta dan beberapa daerah lainnya, Selasa 24 september 2019 lalu.


"Tentu kita sesama jurnalis punya rasa yang sama. Jadi aksi kita nanti tidak brutal, kita hanya meminta pihak kepolisian untuk mengingatkan setiap anggotanya," ucap pria yang akrab disapa Leo, Jumat 27 september 2019 sore.


Sehingga, lanjut Leo, polisi lebih memahami lagi apa tugas-tugas jurnalis, sebab Jurnalis itu bukan musuh dan bukan juga penyebar hoax melainkan Jurnalis adalah Mitranya Polisi.


"Sebagaimana, seharusnya hak-hak jurnalis itu harus dilindung sesuai dengan UU No 40 tahun 1999 tentang kebebasan pers. Kita bekerja dengan apa yang kita lihat itu yang kita sampaikan kepada Publik," tegas Leo.


Ia berharap, kedepannya tidak ada lagi kekerasan fisik maupun intimidasi dari pihak kepolisian terhadap para Jurnalis.


Adapun nantinya Aliansi Jurnalis yang ikut tergabung dalam aksi tersebut yakni, Aliansi Jurnalis Independen (AJI Batam), Pewarta Foto Indonesia (PFI Kepri), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI Batam) dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).(EAG)




Share on Social Media