Nasional , Politik

"Resmi" Puan Maharani Jadi Ketua DPR

| Rabu 02 Oct 2019 13:07 WIB | 3173

DPR RI /DPD


foto saat pelantikan ketua DPR RI Puan Maharani


MATAKEPRI.COM Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani Nakshatra Kusyala resmi jadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat. Puan dicalonkan oleh PDIP sebagai pemenang Pemilu 2019 sekaligus mayoritas pemegang kursi di parlemen.

Puan didampingi empat wakil ketua yakni Azis Syamsuddin dari Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Rachmat Gobel dari Nasdem, dan Muhaimin Iskandar dari PKB.

Nama Puan dan empat wakil ketua DPR lain disahkan dalam paripurna, Selasa (1/10) malam.

Paripurna DPR ke-2 tahun sidang 2019-2020 yang digelar di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, berjalan lancar .

Tak ada hujan interupsi ataupun sanggahan dari sekitar 280-an anggota DPR yang hadir dalam rapat paripurna itu.

Pengesahan Puan dan empat pimpinan DPR lainnya itu dipimpin oleh Ketua DPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe. Abdul menjelaskan kelima pimpinan DPR itu otomatis menjadi pimpinan karena masing-masing parpol pengusung berhasil meraih lima besar peraih suara terbesar dalam Pemilu 2019. Aturan itu termaktub dalam UU tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD atau MD3.

"Apakah lima pimpinan DPR periode 2019-2024 ini dapat disetujui?" Tanya Abdul.

"Setujuuuuuu," ujar anggota Dewan yang hadir.

"Tok" bunyi ketuk palu diketuk Abdul sebagai tanda disahkan.

Setelah itu, prosesi pelantikan kelima pimpinan DPR itu pun dimulai. Sebelum memangku jabatannya, kelima pimpinan DPR itu diwajibkan mengucapkan sumpah janji. pengucapan sumpah itu dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung RI Hatta Ali.

Kelima pimpinan DPR yang baru itu lantas menuju podium untuk diambil sumpahnya berdasarkan agama Islam. Masing-masing tokoh agama lantas mengambil tempat berdiri di samping para pimpinan DPR terpilih itu dengan membawa kitab suci.

Sumpah dimaksudkan mengandung tanggung jawabnya terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia.

Sumber: cnnindonesia.com



Share on Social Media