Natuna, News

Kolonel Laut (P) Tunggal Resmi Menjabat Danlanal Ranai

Juliadi | Rabu 09 Oct 2019 14:59 WIB | 5147

AD/AL/AU
TNI/Polri


Istimewah


MATAKEPRI.COM, Natuna - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., memimpin langsung upacara serah terima jabatan Komadan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ranai  bertempat di lapangan apel Markas Komando (Mako) Lanal Ranai Jl. Soekarno Hatta No 1 Ranai Kabupaten Natuna Kepulauan Riau, Rabu (9/10/2019).

Jabatan Danlanal Ranai resmi diserah terimakan melalui upacara militer, dari Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E., kepada Kolonel Laut (P) Tunggul. Kolonel Harry Setyawan,S.E., selanjutnya akan menjabat sebagaiAsisten Operasi Komandan Gugus Keamanan Laut (Asops Daguskamla) Koarmada I di Batam Kepri. 


Sedangkan Kolonel Laut (P) Tunggul sebelumya menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Danpusdikpel) di Komando Pendidikan dan Latihan TNI AngkatanLaut (Kodiklatal) di Surabaya.


Dalam amanatnya Danlantamal IV mengatakan bahwa “Upacara serah terima jabatan Komandan Lanal Ranai yang diselenggarakan pada hari ini, pada hakikatnya merupakan mata rantai pembinaan personel dalam suatu organisasi”, ujarnya


“Yaitu dalam rangka mendinamisasikan organisasi di jajaran TNI Angkatan Laut agar lebih mampu menjawab tantangan tugas ke depan, hal ini tentunya dimaksudkan agar senantiasa responsif, antisipatif dan adaptif terhadap setiap perubahan lingkungan strategis yang terjadi”,ungkap Danlantamal IV. 


Danlantamal IV juga mengatakan “Diharapkan dapat memberikan nuansa baru yang dapat memotivasi tumbuhnya kreativitas dan inovasi serta upaya yang lebih baik untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang telah ditetapkan”,harapnya.


Lebih jauh dikataan bahwa “Lanal Ranai selaku pelaksana dukungan bagi satuan operasional, berkedudukan langsung di bawah Lantamal IV, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dukungan logistik serta administrasi bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut baik Kapal Perang RI (KRI), pesawat udara (Pesud) dan personel TNI Angkatan Laut, yang melaksanakan patroli di perairan yang menjadi tanggung jawabnya’, jelasnya


Laksma TNI Arsyad juga menjelaskan “Wilayah operasional Lanal Ranai memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, karena terdapat jalur pelayaran internasional yaitu ALKI-1 yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia dan Vietnam, serta laut Cina Selatan.  Untuk itu, diharapkan mampu melaksanakan apa yang menjadi tugas pokok dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya”, jelasnya.


“Maka dapatlah dikatakan bahwa tugas-tugas tersebut tidaklah ringan, untuk itu dituntut mampu menjadi penggerak utama organisasi, cermat membaca perkembangan situasi, dapat membina dan menggerakkan segenap potensi yang ada, baik personel, materiil serta  potensi lainnya,  sehingga mampu memberikan hasil yang optimal,” tambahnya.


“Kepada pejabat lama Danlantamal IV memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E.,  atas dedikasi, loyalitas dan kerja keras saudara dalam memimpin Lanal Ranai selama ini, disertai doa semoga saudara dapat meraih sukses di tempat penugasan yang baru”, ucapnya. 


Tidak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Nyonya Harry Setyawan dalam mendampingi tugas suami, khususnya dalam pembinaan Jalasenastri cabang 8 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I”, ucapnya.


“Selanjutnya kepada Kolonel Laut (P) Tunggul, saya beserta jajaran Lantamal IV mengucapkan selamat datang serta selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin TNI Angkatan Laut kepada saudara untuk mengemban tugas yang baru sebagai Komandan Lanal Ranai”, ucapnya.


Danlntamal juga berpesan “Saya percaya dengan berbekal pengetahuan, pengalaman dan penugasan sebelumnya, saudara akan dapat melaksanakan tugas dengan baik” pesannya.


Ditempat yang sama dilaksanakan serah terima jabatan Ketua Cabang 8 Jalasenastri Korcab IV DJA I yang berlangusung di Kantor Jalasenastri Cabang  8 yang dipimpin oleh Ketua Korcab IV DJA I Ny. Ifa Arsyad Abdullah.


Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Natuna, Asintel Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Ari Aryono, S.E., Aslog Danlantamal IV Kolonel Laut (T) Cok Bagus Alit Y, S.E., Kadiskum Lantaal IV IV Letkol Laut (KH) M. Muchlis, S.H., M.Tr.Hanlan., Kadispen Lanamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay, Para Danlanal dibawah jajaran Lantamal IV, Unsur FKPD Kabupaten Natuna, para Komadan satuan TNI/Pori di Wilayah Kabupaten Natuna, Pengrus Jalasenastri Korcab IV DJA I, Pengurus Persit dan Pengurus Pia Ardya Garini. (***) 


Sumber : Kadispen Lantamal IV (Mayor Marinir Saul Jamlaay) 



Share on Social Media