Batam, News, Ekonomi

Normalisasi Drainase di Waktu Yang tepat

| Kamis 24 Oct 2019 09:14 WIB | 2136

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Normalisasi drainase primer di area Putri Hijau oleh pihak Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam.


MATAKEPRI.COM, Batam - Perawatan drainase yang dilakukan oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam di drainase  Simpang Putri Hijau hingga ke kantor Kecamata Sagulung pada Rabu (23/10) kemarin, merupakan waktu yang tepat karena Saat ini telah masuk musim penghujan.


Menurut Herman warga perumahan putri hijau yang mengatakan bahwa drainase tersebut memang sudah saat nya untuk dilakukan normalisasi. Bukan hanya Karena sudah masuk musim penghujan saja, tapi yang lebih penting karena drainase utama tersebut kondisinya memang sudah di penuhi tanaman liar.


     â€¢ Baca Juga : Kotor Dan Licin, Itulah Dampak Pembuatan Drainase Di Jalan Brigjen Katamso


Bahkan air dilokasi tersebut memang tidak mengalir sama sekali. "Drainase itu udah penuh sama rumput liar, ya lumpur di drainase itu juga lumayan dalem," ujarnya saat melewati drainase tersebut.


Ukuran drainase  tersebut memang cukup besar, yaitu sekitar lima hingga enam meter tersebut memang sangat memiliki peran penting dalam memperlancar aliran air dari berbagai perumahan di area tersebut.


     â€¢ Baca Juga : Kotor Dan Bau, Itulah Gambaran Drainase Induk Di Simpang Kavling Baru


Sementara itu, Budi,  yang merupakan operator alat berat Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam saat diwawancara di sekitar area pengerjaan normalisasi drainase induk Putri Hijau tersebut, mengatakan bahwa pengerjaan tersebut telah berlangsung selama tiga hari,sejak di mulai pada senin (21/10) lalu.


Dia pun mengatakan, normalisasi tersebut merupakan salah satu cara pihak Dinas Bina Marga untuk mencegah terjadinya banjir di area tersebut.


     â€¢ Baca Juga : Meski Sempat Di Demo, Pembangunan Drainase Putri Hijau Hampir Selesai


"Ya ini salah satu cara kami untuk  pencegahan banjir di lokasi tersebut," ucap Budi, operator alat berat Bina Marga, pada Rabu (23/10).


Normalisasi tersebut pun bukanlah kali pertama yang dilakukan oleh pihak Dinas Bina Marga. Karena, Budi mengatakan pihak nya selalu terjun kelokasi kalau memang drainase tersebut sudah membutuhkan perawatan.


     â€¢ Baca Juga : Warga RW 20 Tolak Keras Pembangunan Drainase Dari Perumahan Putri Hijau


Karena apabila parit tersebut sudah di tumbuhi tanaman liar, maka pihak Bina Marga akan melakukan normalisasi kembali. 


"Yang pasti jangan sampai aliran air di drainase ini tersendat," pungkasnya.


Dukungan pun diutarakan oleh salah Seorang warga perumahan Griya Asri yang mengajak kepada seluruh masyarakat sekitar agar bisa sama-sama menjaga lingkungan di manapun kita berada.


"ya jangan cuma hanya menjaga kebersihan dalam rumah tapi di manapun kita berada harusnya bisa menjaga kebersihan," Turut Deden.


"Kalau drainase utama ini sampai tersumbat, pasti banyak perumahan yang bakalan kena banjir," Paparnya.


Pantauan pewarta saat di lapangan pada Rabu (23/10) pagi normalisasi masih terus dilakukan. Tak hanya membersihkan tanaman liar, tapi juga membersihkan pinggiran drainase tersebut. Dan ditargetkan akan selesai pada esok hari, Kamis (24/10). (AM)



Share on Social Media