Batam, News, Kepri

Polda Kepri Gelar Operasi Katarak Gratis Dalam Rangka Bakti Sosial Kesehatan

Egi | Minggu 10 Nov 2019 09:54 WIB | 1480

Polda Kepri


Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto saat melihat pasien Operasi Katarak (Foto:ist)


MATAKEPRI.COM,BATAM-Bakti Sosial Kesehatan Operasi Katarak Gratis di RS Bhayangkara Polda Kepri terlaksana berkat Kerjasama Polda Kepri bersama Himpunan Bersatu Teguh dan Bala Bentara Indonesia diketuai Bapak Andreas Sofiandi, Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI), RS Awal Bros Batam, RS BP Batam, Dinkes Prov Kepri, BP Batam dan Melayu Raya, Minggu (10/11)


Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto S.IK mengatakan sebanyak 334 pasien yang terdaftar selanjutnya dilaksanakan screening guna kelayakan dan resiko operasi dan 152 orang pasien yang memenuhi syarat dilaksanakan operasi katarak dan 182 pasien dinyatakan tidak memenuhi syarat mengingat 101 pterigium, 43 katarak immatur, 27 visus baik dan 11 hanya iritasi mata. 


Dari 2 (dua) juta penduduk Indonesia sebanyak 1,5 persen menderita katarak dan lebih dari 50 persen nya kasus mata katarak ini menyebabkan kebutaan. 


"Indonesia menempati peringkat kedua kasus kebutaan tertinggi setelah Eutopia dan peringkat pertama di Asia Tenggara, dengan resiko dan jumlah tersebut Polda Kepri dan jajaran serta stakeholder terkait bersama-sama menyelenggarakan kegiatan sosialini,"ucap Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto pada acara Puncak Polda Kepri Peduli di RS. Bhayangkara Batam (9/11).


Pada kesempatan tersebut Kapolda Kepri juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dan dukungan dalam berlangsungnya kegiatan Operasi gratis ini.


"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Andreas Ketua Himpunan Bersatu Teguh, Bala Bentara Indonesia, saudara Sandy Wibowo, 12 orang tim Dokter Spesialis Mata, Dinkes Kepri, BP Batam, Direktur RS. Awal Bros, Direktur RS. BP Batam, dan Himpunan Melayu Raya.


Selanjutnya bapak Andreas mengatakan kegiatan ini adalah kepedulian kita bersama sebagaimana yang diketahui bahwa penderita katarak di Indonesia pasiennya tidak pernah berkurang, untuk itu kita semua berada disini mengambil sedikit dari peran dari Pemerintah dalam menekan jumlah penderita katarak.


″Kegiatan seperti ini akan terus berlanjut kami dari Himpunan Bersatu Teguh akan terus mendatangi diseluruh wilayah Indonesia kapan saja ada permintaan bantuan dalam Operasi Katarak seperti yang dilaksanakan di RS. Bhayangkara ini.″ucap Andreas.


Seorang pasien bernama Ernawati yang menjalani Operasi Katarak di RS. Bhayangkara mengatakan rasa syukur yang amat besar atas berlangsungnya kegiatan Operasi gratis ini.


"Semoga apa yang telah diberikan oleh bapak Polisi dapat dibalas Allah SWT, sekali lagi terima kasih banyak atas bantuannya,"ungkap Ernawati.


Berikutnya dalam kesempatan yang sama Polda Kepri bekerjasama dengan Himpunan Bersatu Teguh memberikan bantuan mikroskop kepada sekokah- sekolah di Kota Batam, hadir perwakilan dari SMPN 6 Batam, SMAN 1 Batam, SMAN 3 Batam, SMAN 5 Batam, SMAN 15 Batam, SMAN 9 Batam dan Yayasan Putra Jaya Batam. 


Dengan pemberian mikroskop ini diharapkan dapat membantu proses belajar di sekolah- sekolah tersebut sehingga lahirnya calon Dokter di masa depan.(EAG)




Share on Social Media