International, News

Berkuasa Selama 12 Tahun Evo Morales akhirnya Undurkan Diri Sebagai Presiden Bolivia

| Senin 11 Nov 2019 14:23 WIB | 1977



Presiden Bolivia Evo Morales undurkan diri karena diduga ada kecurangan dalam kemenangan Morales


MATAKEPRI.COM--Presiden Bolivia Evo Morales akhirnya mundur setelah diterpa gelombang unjuk rasa dalam beberapa pekan terakhir.

"Saya mengundurkan diri dari posisi saya " kata Morales dalam pidatonya yang disiarkan televisi setempat seperti dikutip dari Aljazeera, Senin (11/11).

Morales, 60 tahun, telah memimpin Bolivia sejak 2006. Sejatinya ia kembali memenangi pemilihan presiden yang digelar 20 Oktober lalu.

Namun banyak pihak menduga ada kecurangan dalam kemenangan Morales. Massa yang tidak puas dengan hasil pemilu tersebut kemudian turun ke jalan.

Tekanan pengunjuk rasa sempat membuat Morales berencana mengulang pemilihan, namun ia kemudian memilih mundur sebelum pemilu ulang digelar.

Keputusan ini juga diambil Morales setelah ia tak lagi mendapat dukungan dari militer dan polisi. Sementara tekanan pengunjuk rasa semakin menguat.

Keputusan mundur Morales diikuti Wakil Presiden Alvaro Garcia Linera. Keputusan mundur keduanya disambut warga Bolivia dengan sorak gembira. Mereka menyalakan kembang api dan petasan serta mengibarkan bendera Bolivia.(Idntimes.com)



Share on Social Media