Batam, News

Mantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat, Kodim 0316/Batam, Gelar Apel Danramil Dan Babinsa

Juliadi | Rabu 04 Dec 2019 14:46 WIB | 2793

TNI/Polri
Koramil


Istimewah


MATAKEPRI.COM, BATAM - Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam menggelar Apel Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) tersebar tahun anggaran (TA) 2019, bertempat di Aula Makodim 0316/Batam, Jalan Yos Sudarso Nomor 01 Kampung Seraya Atas, Selasa (3/12/2019). 


Apel ini bertema Danramil dan Babinsa Profesional Kebanggaan Rakyat dan berlangsung selama dua hari, tanggal 3 dan 4 Desember 2019.


Pembukaan Apel Danramil dan Babinsa TA 2019 dipimpin langsung oleh Dandim 0316/Batam, Letnan Kolonel Infanteri (Letkol Inf) Ahmad Daud Harahap.


Letkol Inf Ahmad Daud Harahap membacakan amanat, yang menyebutkan kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Tersebar ini merupakan perintah Pimpinan TNI Angkatan Darat (AD).


Apel ini, bertujuan untuk memantapkan kemanunggalan TNI - Rakyat sebagai salah satu dari sasaran pelaksanaan pembinaan teritorial atau Binter. 


Dengan demikian kegiatan Binter yang dilakukan oleh TNI AD secara umum telah berfungsi sebagai alat perekat atau pemersatu bagi hubungan atau komunikasi antara TNI AD dengan masyarakat serta komponen bangsa lainnya.   


"Melalui berbagai kegiatan Binter yang diselenggarakan oleh TNI AD, diharapkan dapat mengeliminir permasalahan-permasalahan yang timbul di tengah masyarakat sehingga dapat tercipta kondisi wilayah yang lebih kondusif dan juga diharapkan dapat meningkatkan Wawasan Kebangsaan, rasa cinta tanah air serta semangat bela negara bagi warga masyarakat ataupun komponen bangsa lainnya, "ujar Letkol Inf Ahmad Daud Harahap. 


Menurut Letkol Inf Ahmad Daud Harahap, untuk mencapai kondisi keamanan yang kondusif, maka harus didukung Danramil dan Babinsa yang memiliki kemampuan, kecakapan dan keterampilan sebagai ujung tombak atau garda terdepan pelaksana Binter TNI AD yang bersentuhan langsung dengan rakyat.


“Maka sebagai bentuk dukungan TNI AD sebagai institusi juga harus konsisten melakukan langkah-langkah yang positif dan konstruktif guna tercapainya sasaran dari pelaksanaan Binter tersebut, "kata Letkol Inf Ahmad Daud Harahap. 


Apel Danramil dan Babinsa Tersebar tahun anggaran 2019 di wilayah Kodim 0316/ Batam, adalah sebagai sarana untuk  menyampaikan kebijakan Pimpinan TNI AD yang berkaitan dengan Binter.


Dalam pelaksanaan Apel Danramil dan Babinsa di wilayah Kodim 0316/ Batam, diberikan beberapa materi pembekalan yang diberikan langsung oleh pemateri dari Pasiter Kodim 0316 Batam, Polresta Barelang, BNN kota Batam, Kesbangpol Pemko Batam, Kabag Tapem Pemko Batam, Tim Manggala Karhutla Provinsi Kepulauan Riau  ( Kepri ). (**/Adi) 



Share on Social Media