Batam, News, Kepri

Bahas Kesiapan Pengamanan Nataru, Polda Kepri Vicon Menkopolhukam

Egi | Jumat 13 Dec 2019 18:47 WIB | 1661



Polda Kepri gelar Video Conference dengan Menkopolhukam (Foto:ist)


MATAKEPRI.COM,BATAM – Dalam rangka menghadapi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polda Kepri menggelar Rapat koordinasi lintas sektoral melalui Video Conference Rakor lintas sektoral tingkat pusat pada Jum'at (13/12). 


Video Conference dihadiri oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.IK, Danrem 033/WP, Asisten II Pemprov Kepri, Wadanlantamal IV Tanjungpinang, Wakapolda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Kepala Jasa Raharja, Dir Pengamanan BP Batam, dan Stakeholder terkait.


Melalui Video Conference Rakor lintas sektoral tingkat pusat di Jakarta dipimpin oleh Menkopolhukam RI Prof Machfud MD beserta Kapolri, Panglima TNI dan Menteri Perhubungan RI serta Kementerian dan stakeholder terkait membahas tentang Agenda Bidang Operasional dan kesiapan menghadapi Pengamanan Nataru (Natal dan Tahun Baru) dan diikuti oleh Forkopimda seluruh Indonesia.


Dalam kesempatan tersebut Menkopolhukam menyampaikan pembahasan tentang ancaman dan kerawanan menjelang Natal dan Tahun Baru, perlu dilakukan kerjasama semua pihak guna mewujudkan Sinergitas dalam pelaksanaan tugas bersama. Situasi yang aman dan kondusif perlu diwujudkan bersama dan perlu diatensi kerawanan yang timbul seperti ancaman Terorisme, kelancaran arus mudik, dan pengamanan tempat ibadah.


Berikutnya Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si mengatakan dalam menghadapi agenda kedepan agar seluruh stakeholder terkait dapat menyamakan persepsi dalam menjalankan tugas Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Untuk satuan Polri di seluruh Indonesia akan menggelar Operasi Terpusat selama 10 hari dimulai dari tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan tanggal 1 Januari 2020.


Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP menyampaikan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru bisa diambil rujukan pada pengalaman tahun sebelumnya, momen terpenting dalam pengamanan tersebut adalah pergerakan massa dan pergerakan arus lalu lintas.


Selesai Pelaksanaan Video Conference Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.IK menyampaikan,"Untuk kesiapan Operasi Lilin 2019 di Provinsi Kepri, mari satukan hati dan pikiran serta teguhkan komitmen.


"Sehingga satu persepsi dan satu langkah untuk memberikan pengabdian terbaik dalam rangka memberikan Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan kepada masyarakat,"ucap Andap.


Kapolda juga mengingatkan kepada seluruh personel, agar laksanakan Operasi sampai dengan pengakhiran dengan baik, sebagai tolak ukuran keberhasilan operasi adalah tidak ada anggota Pengamanan dan masyarakat jadi korban kejahatan maupun kecelakaan lalu lintas dan juga bencana.


"Masyarakat bebas tanpa rasa takut melaksanakan ibadah, berekreasi dan beraktifitas, selalu siap antisipasi dan cepat merespon apabila terjadi kejadian kontijensi,"tuturnya.


Kabid Humas Polda Kepri, Kbp Drs S.Erlangga menyampaikan dari hasil Video Conference Rakor lintas sektoral, sebagai tindak lanjut Polda Kepri dan jajaran akan menggelar Operasi Lilin Seligi 2019.


"Dengan pelibatan kekuatan sebanyak 1.956 personel, yang terdiri dari Polri 1.234 Personel, TNI 153 Personel, Instansi terkait 569 Personel,"ucap Erlangga.


Dalam Operasi Lilin Seligi 2019 terdapat 1.905 objek pengamanan antara lain gereja, ATM, hotel, bank, lokasi wisata, money changer, objek wisata pergantian tahun, pasar, mall, bandara, terminal dan pelabuhan. 


Polda Kepri dan jajaran juga menggelar 55 pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu dalam pengamanan natal dan tahun baru,(EAG)




Share on Social Media