Batam, News

Berbagai Temuan Barang Di Kamar Para WBP, Ini kata Kalapas Batam

| Senin 16 Dec 2019 13:02 WIB | 2421

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Lapas/Rutan/LPKA/LPP


Penggeledahan kamar para WBP di Lapas kelas IIA Barelang. (Istimewa)


MATAKEPRI.COM, Batam - Setelah melekukan penggeledehan pada Sabtu (14/12) malam lalu di kamar para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Barelang, berbagai barang berhasil di amankan oleh petugas Lapas.


Dari mulai pemanas air, kabel data, headset, cermin, gelas bahkan pisau cukup ada.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Lapas kelas IIA Barelang, Surianto mengatakan bahwa penjagaan masuk yang dilakukan oleh para petugas lapas sudah sangat ketat.


kepala Lapas kelas IIA Barelang, Surianto. (Foto  : Agung)


Kendati demikian, para WBP selalu mempunyai cara tersendiri untuk bisa mengelabui petugas sehingga bisa membawa barang- masuk ke dalam kamar para WBP tersebut.



      • Baca juga : Blok Lapas Di Geledah, Petugas Lapas Berkerja Sama Dengan BNN Kota

     


"Penjagaan kita sudan di perketat, tapi memang para WBP selalu punya cara tersendiri dan semakin pintar untuk mengelabuhi petugas," Ucap Surianto.


Bahkan, dirinya juga menjelaskan yang mana petugas nya pernah menemukan keluarga WBP yang memasukkan benang dan jarum kedalam bungkusan makanan untuk bisa mengelabui petugas jaga.


Penggeledahan yang di lakukan petugas lapas yang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batam dan juga pihak kepolisian dari Polsek Sagulung, di fokuskan untuk mencegah terjadinya peredaran narkoba di dalam lapas.


Lokasi lapas yang dekat dengan jalan perumahan dan juga jalan menuju ke lapas, menjadi salah satu kemudahan para anggota keluarga WBP yang ingin memasukan barang ke dalam lapas.


Berbagai cara terus diusahakan oleh para WBP dan pihak keluarga agar bisa memebawa berbagai barang terlarang kedalam lapas.


Namun, kendati demikian, Surianto mengatakan bahwa pihak nya juga tidak pernah kehabisan cara untuk bisa menghalang masuk dan juga menyita barang-barang terlarang yang di bawa oleh pihak keluarga saat hendak berkunjung. (AM)



Share on Social Media