Kuliner, Nasional , News, Kesehatan

Mau masak Sosis ?? Ini Cara Yang Harus di Hindari

| Senin 30 Dec 2019 12:37 WIB | 1939




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Terlihat mudah, masak sosis perlu trik agar hasilnya sempurna. Menurut Chef Phil Vickery ada 3 kesalahan masak sosis yang sering dilakukan.


Sosis sapi atau ayam biasanya dijual dalam keadaan segar dan sudah matang. Sosis yang segar, berisi daging cincang segar dan bumbu banyak dijual di supermarket. Meskipun terlihat mudah, memasak sosis segar perlu perhatian khusus.



Dilansir dari Daily Star (14/12), chef terkenal Phil Vickery mengungkap cara masak sosis segar yang benar. Ia juga menjelaskan beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memasak sosis. Hal ini tentu harus dihindari guna mendapat tekstur sosis juicy dengan rasa gurih enak.




Berikut cara masak sosis segar yang sempurna menurut Phil Vickery.



1. Keluarkan sosis dari kulkas dan diamkan selama 20 menit sebelum dimasak. Proses ini membantu sosis untuk matang secara merata dan mencegah kulit pembungkusnya terbelah atau robek ketika dimasak. Pastikan sosis dalam suhu ruangan.


2. Untuk memasak sosis, gunakan wajan antilengket. Jangan lupa gunakan api sedang atau kecil. Masukkan 1 sdm mentega ke dalam wajan tersebut.


3. Masukkan sosis ke dalam wajan, namun pastikan sosis tidak saling berdempetan. Sosis juga harus dibolak-balik secara teratur agar mendapatkan warna keemasan yang sempurna. Chef Phil Vickery juga merekomendasikan waktu yang tepat untuk memasak sosis yaitu selama 10-12 menit.


4. Setelah matang, sosis sebaiknya jangan langsung konsumsi. Diamkan dulu sehingga agak hangat. Cara ini memungkinkan sosis melanjutkan proses pematangannya.



Selain itu, Chef Phil Vickery menyebutkan 3 kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang saat masak sosis.


1. Merobek kulit sosis atau mengerat-ngerat sosis saat memasaknya. Ini akan membuat kandungan jus pada daging kleuar saat terkena panas dan menghasilkan tekstur sosis yang kering.


2. Jangan pernah menggoreng sosis. Proses ini akan membuat kulit sosis menjadi keras dan sosis pun mengering.


3. Jangan memanggang sosis di dalam oven. Walaupun terlihat sehat, namun proses ini akan membuat sosis juga mengering. Cita rasa gurih enak dari sosis pun tidak akan keluar.



(***)

Sumber detik



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait