Batam, News

BC Batam Mengamankan Pelaku Membawa Ribuan Pil Ekstasi di Terminal Harbourbay

Egi | Jumat 17 Jan 2020 16:17 WIB | 2215



Bea Cukai Batam saat Press release penindakan narkotika jenis pil ekstasi (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam melakukan kegiatan Konferensi Pers atas hasil Penindakan Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor (NPP) jenis Ekstasi yang diamankan pada hari Kamis, (09/01/2020) pukul 09.00 WIB.


Kepala KPU Bea Cukai Batam Susila Brata mengatakan, penindakan tersebut dilakukan di Terminal Kedatangan Internasional Pelabuhan Ferry Internasional Harbour Bay Batam atas barang bukti berupa 30.037 butir pil ekstasi dan 31,7 gram ekstasi yang disembunyikan di dalam 11 bungkusan makanan oleh pelaku inisial J (28).


"Kronologis kejadiannya saat itu petugas Bea dan Cukai Pelabuhan Ferry Internasional Harbour Bay mencurigai salah seorang penumpang di pemeriksaan x-ray Terminal Kedatangan Internasional. Kecurigaan tersebut muncul berdasarkan hasil citra x-ray yang menunjukkan keganjilan pada barang bawaan penumpang tersebut,"ucap Susila.


"Kemudian penumpang tersebut dibawa ke Hanggar Bea dan Cukai Pelabuhan Ferry Internasional Harbour Bay untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan,"sambungnya.


Berdasarkan hasil pemeriksaan atas barang bawaan penumpang terdapat berupa 11 bungkusan makanan dan kedapatan barang diduga narkoba yang selanjutnya di uji Narcotic Idetification Kits (NIK), positif Ekstasi.


"Yang bersangkutan di bawa ke KPU BC Tipe B Batam untuk pemeriksaan lebih lanjut yang dilakukan bersama dengan Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepri.


Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 113 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan/ atau melanggar Pasal 102 huruf (e) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006.


"Terhadap tersangka dan barang bukti selanjutnya diserahkan ke Kepolisian Daerah Provinsi Kepri untuk proses lebih lanjut,"tutupnya (egi)




Share on Social Media