Nasional , News, Kesehatan

Ini Loh Tips Simpel Agar Vagina Tidak Mengeluarkan Bau Saat Bercinta

| Jumat 24 Jan 2020 08:01 WIB | 2188

Kesehatan


Ilustrasi.


MATAKEPRI.COM JAKARTA -- Bau tak sedap pada vagina tentu mengganggu saat sedang berhubungan intim. Meski begitu, vagina memang memiliki aroma yang unik, dan normal dialami para wanita. Namun, bau tak sedap pada vagina dapat berubah menjadi infeksi, dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.


Bau tak sedap pada vagina rupanya terjadi karena faktor-faktor tertentu. Umumnya, disebabkan karena bakteri yang berbahaya. Salah satunya vaginosis bakteri, bakteri ini dapat menyebabkan bau tak sedap pada vagina muncul.


Mungkin, beberapa di antara kalian pernah mencoba mengatasi bau tak sedap pada vagina dengan memakai parfum, atau produk lain yang dapat memberikan efek wewangian pada vagina. Namun, sayangnya hal itu malah akan memicu bakteri, dan memperburuk kondisi vagina.


Mengatasi bau tak sedap pada vagina juga bisa dicegah saat sedang hubungan intim. Coba lah untuk mulai melakukan hubungan intim yang aman, dan selalu memastikan kondisi vagina tetap kering. Namun sebenarnya bagaimana cara mengatasi bau tak sedap pada vagina?


Berikut hal-hal yang harus diketahui agar bau tak sedap pada vagina tak lagi muncul, dikutip dari Medical News Today:


1. Jangan gunakan pelumas yang beraroma


Salah satu hal yang bisa menimbulkan bau vagina tak sedap adalah menggunakan pelumas saat berhubungan intim. Beberapa pelumas dapat mempengaruhi pH yang ada pada vagina. Hal ini disebut dapat membuat daerah vagina menimbulkan bau tak sedap. Maka dari itu, hindari pelumas yang beraroma.


2. Segera mandi usai bercinta


Setelah berhubungan intim, umumnya sebagian orang berkeringat. Karena, keringat yang berlebihan, bisa terperangkap pada vagina yang membuat bau tak sedap akhirnya muncul. Bersihkan vagina cukup dengan air, jangan dengan menggunakan sabun yang berisiko mempengaruhi pH vagina.


3. Segera buang air kecil setelah berhubungan intim


Segera buang air kecil setelah berhubungan intim. Hal ini untuk menghindari sisa air mani usai berhubungan intim. Sisa air mani yang tertinggal bisa menimbulkan bau tak sedap pada vagina.


4. Obat antibiotik


Vagina dengan bau tak sedap dapat disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan yang dijual di apotik. Namun, wanita yang belum pernah mengalami infeksi, tentu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada penyebab lain yang membuat vagina menjadi bau. Pada beberapa wanita, obat antibiotik dapat membunuh bakteri pada vagina yang menyebabkan bau tak sedap.


5. Hindari pakaian ketat termasuk celana dalam


Ternyata menggunakan pakaian ketat, termasuk celana dalam ini bisa menimbulkan bau vagina tak sedap, lho. Karena, menggunakan pakaian ketat bisa menjebak cairan di sekitar vagina, termasuk keringat, kulit mati, dan juga air mani dari hubungan intim sebelumnya. Tinja yang bisa terjebak di vagina juga menyebabkan infeksi dan bau.



(***)

Sumber detikcom



Share on Social Media