Batam, News, Kesehatan

Virus Korona Mulai Menyebar, Kadinkes Batam Harap Masyarakat Tetap Tenang

| Jumat 24 Jan 2020 10:49 WIB | 2452

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Kesehatan


Ilustrasi.


MATAKEPRI.COM BATAM --  virus Korona yang pertama kali menyebar dan telah menginfeksi ribuan orang di Tiongkok merupakan virus jenis baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia.


Dilansir dari laman Boldsky, Rabu (22/1), virus corona merupakan jenis penyakit zoonosis, di mana infeksi akan menyebar dari hewan ke manusia.



Ada sekitar enam virus corona yang diidentifilasi dapat mempengaruhi manusia dan menyebabkan gejala ringan hingga parah.



Keenam virus corona tersebut adalah alpha coronavirus (NL63 dan 229E), coronavirus beta (HKU1 dan OC43).


Dan dua lainnya, SARS-CoV (virus corona Sindrom Pernafasan Akut Parah) dan MERS-CoV (virus corona Pernafasan Timur Tengah) dikenal karena gejalanya yang mengancam jiwa.


Kendati demikian, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi berharap kepada masyarakat kita Batam agar tidak panik, namun harus tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas, untuk segera ke rumah sakit terdekat.



Didi juga menyarankan agar mencuci tangan dengan sabun denagn durasi lebih kurang 20 detik serta bilas setidaknya lalu keringkan dengan handuk.



"Yang terpenting hindari pasar peternakan serta kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran pernapasan," kata Didi.


Pihak nya juga telah melakukan beberapa tindakan pencegahan dengan mengajak pihak pelabuhan dan juga pihak bandara.


"Pemeriksaan kita khususkan kepada para pendatang yang baru bepergian dari luar negeri," pungkasnya. (AM)



Share on Social Media