Batam

Tingkat Kebakaran Hutan Dari Tahun 2015 Sampai Tahun 2018 Menurun

Juliadi | Rabu 05 Dec 2018 20:08 WIB | 2336



Suasana Publikasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan lahan


MATAKEPRI.COM, Batam - Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sumatera bersama Dektorat Pengamanan Badan Pengusahaan (Ditpam BP Batam), Dinas Pemadam Kebakaran (Damdan) dan Manggala Agni menggelar kegiatan Publikasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Rabu (5/12/2018) di Ballroom Nagoya Hill Hotel. 

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Balai Perubahan Iklim Wilayah Sumatera Dr. Israr Albar, S.Hut, M.Sc, Kepala Damkar Kota Batam Drs. Asman Mp, Direktorat BP Batam yang diwakilkan oleh Kasi Penanggulangan Kebakaran Nyarlik Suwarno, Edwin Putra, S.Hut Koordinator PPIKHL. 

"saat ini  pemerintah Indonesia telah berhasil menurunkan tingkat luasan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Sejak kebakaran hutan dan lahan yang terjadi tahun 2015, "kata Dr. Israr Albar, S.Hut, M.Sc, dalam kata sambutannya. 

Dr. Israr Albar, S.Hut, M.Sc, juga mengatakan saat ini pemerintah melakukan berbagai upaya dalam pengendalian Karhutla. Sinergitas antar stakholder yang terdiri dari TNI, POLRI, BNPB, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terus diintensifkan untuk menekan kejadian Karhutla di Indonesia.

"kebakaran hutan di Indonesia telah mengalami penurunan drastis dari tahun 2015 sampai tahun 2018, kita juga berharap pada tahun 2019 kebakaran hutan makin menurun, "ujar Dr. Israr Albar, S.Hut, M.Sc. 

Lanjut Dr. Israr Albar, S.Hut, M.Sc, supaya  pihaknya  sudah melakukan sosialisasi - sosialisasi di 185 SMA dalam penanggulangan dan pengendalian kebakaran, serta dalam sebuah penelitian yang mengatakan bahwasanya 99% kebakaran yg terjadi di Indonesia disebabkan oleh aktivitas dan kesengajaan dari manusia.

Dr. Israr Albar, S.Hut, M.Sc, juga berharap semua masyarakat untuk menjaga dan memperhatikan lingkungan sekitar. (Adi) 



Share on Social Media