Batam

Selain Nelayan, Masyarakat Desa Pasir Panjang Juga Mencari Rumput Laut Tim TMMD Ikut Membantu

Juliadi | Jumat 22 Mar 2019 13:27 WIB | 3150

Lingkungan Hidup


Tim TMMD ke-104 Tahun 2019 Kodim 0316/Batam bersama nelayan Desa Pasir Panjang


MATAKEPRI.COM, Batam - Masyarakat Desa Pasir Panjang, rata - rata berprofesi sebagai nelayan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari, kini para nelayan pun menambahkan mata pencarian melalui rumput laut.

Salah satu Nelayan yakni, Didi (51) yang lebih dari 5 tahun  menambahkan mata pencaharian melalui rumput laut rengkam yang tumbuh di area karang-karang laut di sekitar pesisir pantai desa Pasir Panjang.

Didi, mengatakan bahwa rengkam tersebut dijualnya kepada pembeli dengan harga Rp. 1.300 per Kg hingga Rp. 1.400 per Kg.

Baca juga : Tim TMMD Berikan Motivasi Dan Semangat Kepada Siswa/Siswi SDN 001 Yang sedang Ujian

Didi, menambahkan bahwa karang tersebut yang ia cari dan dikumpulkan hingga beratnya mencapai 1 ton.

"Rumputnya tumbuh sendiri, dan sangat mendukung perekonomian masyarakat nelayan sekitar kampung kami. Rumputnya tumbuh di sekitar karang.

"Sekadar nelayan saja kita susah, karena kita hanya nelayan kecil, alat untuk melaut juga mahal," jelas Didi, Jumat (22/3/2019).

Didi, menambahkan alasan lainnya, banyak nelayan beralih mengumpulkan rengkam adalah karena mulai berkurangnya hasil tangkapan ikan di wilayah laut sekitar, hal ini bisa dikatakan karena polusi minyak yang melanda perairan Kepri sejak beberapa tahun ini.

Didi, melanjutkan bahwa hlainnya lagi yakni rumput laut ini mudah tumbuh dengan sendirinya, yakni 2 sampai 3 bulan setelah dipanen, rumput laut ini akan tumbuh kembali untuk dipanen

"Dalam pemanfaatan rumput, yang kita ambil juga yang telah mengkal, dan yang masih muda dibiarkan untuk panen selanjutnya," tutupnya sembari mulai menjemur rumput tersebut, karena yang dijual kepada tauke adalah yang telah kering.

Melihat semangat masyarakat Desa Pasir Panjang untuk mencari nafkah, Tim TMMD Kodim 0316/Batam  ikut membantu masyarakat Desa Pasir Panjang Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang, mencari Rumput Laut rengkam yang tumbuh. (Adi) 



Share on Social Media