Batam

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lingkungan BP Batam

Juliadi | Sabtu 01 Jun 2019 12:56 WIB | 2013

BP Batam



MATAKEPRI.COM, Batam - Dalam rangka memperingati hari lahir pancasila tahun 2019 yang jatuh pada hari Sabtu (1/6/2019) bertepatan pada hari ke 27 Ramadhan 1440 H, sebanyak 1000 karyawan/ti di lingkungan BP Batam mengikuti rangkaian peringatan hari kelahiran pancasila di lapangan parkir BP Batam, Batam centre. 

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut atas Keputusan Presiden no 24 tahun 2019 tentang hari lahir pancasila dan Surat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila nomor B.116/Ka.BPIP/2019 tanggal 13 Mei 2019 perihal pedoman peringatan hari lahir pancasila tahun 2019. 

Kepala BP Batam Edy Putra Irawady dalam kesempatan tersebut mengatakan peringatan hari lahir pancasila sebagai momentum untuk mengingat kembali kepada dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh pendiri bangsa.

“peringatan setiap tanggal 1 juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu, dan aktualisasi nilai-nilai pancasila dan diamalkan sebagai warisan mulia para founding fathers,” kata Edy. 

Sesuai dengan intruksi Presiden, Edy menyampaikan peringatan dan perayaan kelahiran Pancasila merupakan keniscayaan. Pertama, mengenang dan merefleksikan sejarah. “beragamnya budaya, suku dan agama dengan pancasila kita bersatu dan menyatu sebagai suatu bangsa selain itu dengan peringatan ini juga menghormati para pejuang dan pendiri bangsa,” ucapnya.

Kedua, Pancasila sebagai simbol kebersamaan dan harapan. “pancasila ini sebagai bintang penuntun mengandung visi misi yang memberikan orientasi arah pembangunan khususnya bagi BP Batam sebagai salah satu lokomotif pembangunan nasional,” ujarnya.

Ia pun meyakini melalui upacara peringatan pancasila yang digelar di lingkungan kerjanya akan semakin menumbuhkan konsistensi dan merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan bagi masyarakat. 

“kami keluarga besar BP Batam tentunya tidak mau melupakan sejarah dan komit untuk melayani masyarakat dengan integritas, transparan dan rendah hati,” ungkapnya.

Upacara peringatan hari lahir pancasila ini diikuti dengan khidmat dengan rangkaian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, himne pahlawan serta Garuda Pancasila serta amanat pembina upacara oleh Kepala Biro SDM Asep Liliholilullah. (Rilis) 



Share on Social Media