News, Lingga

Lingga Raih 3 Juara dalam Lomba Tingkat Provinsi

Juliadi | Rabu 31 Jul 2019 21:02 WIB | 3828




MATAKEPRI.COM, Lingga – Seakan tak pernah kering akan prestasi, kali ini Kabupaten Lingga berhasil memboyong tiga (3) juara dalam tiga kategori lomba tingkat provinsi yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau pada tanggal 25 Juli 2019 lalu.


Dalam acara yang digelar di hotel Pelangi Tanjungpinang tersebut, Kabupaten Lingga mengikutsertakan masing-masing satu perwakilan dalam tiap kategori lomba. Adapun peserta yang mewakili Kabupaten Lingga dalam kategori perpustakaan desa/kelurahan adalah dari Kelurahan Pancur. Sedangkan untuk kategori perpustakaan sekolah, Kabupaten Lingga diwakili oleh SMK Negeri 1 Singkep; dan untuk kategori lomba bercerita diwakili oleh utusan dari SDN 011 Singkep.


“Alhamdulillah, Selamat dan Sukses. Berkat usaha dan kerja keras serta persiapan yang matang, perwakilan dari Kabupaten Lingga berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan di tingkat provinsi. Kami berharap ini mampu menjadi motivasi bagi para pengelola perpustakaan serta siswa dan siswi untuk memperbanyak interaksinya dengan perpustakaan sebagai pusat belajar sepanjang hayat masyarakat” ujar Muhammad All Imran, SH., selaku Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga saat menyampaikan informasi tersebut.


Beliau yang hadir pada acara tersebut merasa sangat bersyukur atas raihan dan pencapaian Kabupaten Lingga. Dengan hasil yang didapat ini, beliau juga mengharapkan kedepannya akan tumbuh budaya gemar membaca masyarakat, terutama para siswa dan siswi sekolah yang ada di Kabupaten Lingga, yang tentunya didukung dengan pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi.


Untuk itulah, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, pemerintah menjalankan kewajibannya untuk mengembangkan sistem nasional perpustakaan dan menjamin ketersediaan layanan secara merata, sebagai sumber belajar masyarakat sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan UU No. 43 tahun 2007.


Sejalan dengan pelaksanaan Lomba Bercerita tingkat SD/MI se-Kepulauan Riau, hasil dari lomba perpustakaan desa/kelurahan dan lomba perpustakaan sekolah se-provinsi Kepulauan Riau itu pun diumumkan berdasarkan keputusan Gubernur Kepri Nomor : 510/KPTS-20/V/2019.


Dalam surat keputusan tersebut mencantumkan Kelurahan Pancur sebagai juara pertama yang disusul oleh perwakilan dari Bintan dan Batam pada posisi kedua dan ketiga. Kemudian pada lomba bercerita, Muhammad Rafli sebagai perwakilan dari Kabupaten Lingga berhasil meraih juara kedua, menyisihkan perwakilan dari Kabupaten Karimun. Sedangkan untuk juara pertama berhasil diraih oleh perwakilan dari Tanjungpinang. Demikian pula untuk lomba perpustakaan sekolah tingkat SLTA, Kabupaten Lingga yang diwakili oleh SMKN 1 Singkep berhasil meraih juara harapan kedua pada kesempatan tersebut.


Baca juga : 

Wabup Lingga Hadiri Pelatihan Home Industri di Desa Bukit Belah

Pemkab Lingga Meresmikan Gerakan Jum'at Mengaji Bagi Pelajar

Polres Lingga Laksanakan Program OW, Guna Cegah Polisi Gendut


Namun demikian pencapaian ini merupakan sebuah torehan prestasi yang sangat membanggakan bagi kabupaten Lingga, sehingga diharapkan mampu motivasi generasi-generasi muda untuk lebih cinta membaca dan rajin berinteraksi dengan perpustakaan, agar kedepannya bisa lahir para pemenang selanjutnya untuk tingkat yang lebih tinggi.


Shefi, selalu Lurah Pancur yang hadir langsung pada saat pengumuman tersebut menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Pancur, terutama kepada pengelola “Rumah Baca Impian”.


“Intinya kita bersyukur atas prestasi yang diraih, itu semua berkat kerjasama tim, juga kerjasama masyarakat dan pengelola, yang jelas kita harus membenahi semuanya,”ujarnya.


Sebagai motivasi dan bentuk penghargaan, para pemenang lomba dalam masing-masing kategori tersebut mendapatkan piala dan piagam, dan juga uang pembinaan. (NAZILI)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait