Nasional , News

Pangkolinlamil Beserta Staf Dan Perwira Korps Pelaut Kunjungi Pushidrosal

Juliadi | Senin 30 Sep 2019 17:11 WIB | 2614

TNI/Polri


Istimewah


MATAKEPRI.COM, Jakarta —  Untuk meningkatkan profesionalisme Perwira Korps Pelaut jajaran Kolinlamil, Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. melaksanakan kunjungan ke Pusat Hidro-Oceanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), Ancol, Jakarta Utara, Senin (30/9/2019).


Dalam kunjungan tersebut, Pangkolinlamil didampingi Kepala Staf, para Asisten dan seluruh Perwira Korps Pelaut Kolinlamil. 


Dalam sambutannya, Pangkolinlamil mengatakan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat tugas, peran dan fungsi Pushidrosal secara keseluruhan, khususnya tentang proses pengolahan data primer maupun sekunder menjadi sebuah publikasi dalam mendukung pelaksanaan operasi, seperti peta laut, KN/BPI, almanak nautika dan sebagainya. 


“Kolinlamil berkunjung ke Pushidrosal selain untuk meningkatkan koordinasi antara kedua Kotama, sehingga lebih memudahkan dalam pencapaian tugas, juga agar perwira Kolinlamil khususnya korps pelaut lebih mengenal dan belajar tentang proses produksi yang dikerjakan oleh Pushirodal” kata Pangkolinlamil.


Sementara itu, Kapushidrosal Laksda TNI Dr.Harjo Susmoro dalam sambutannya menjelaskan tentang peran, tugas, fungsi Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Militer maupun sebagai Lembaga Hidrografi Nasional serta perannya dikancah Internasional. 


Lebih lanjut, Kapushidrosal menyampaikan bahwa Pushidrosal sebagai Kotama Pembinaan TNI Angkatan Laut mempunyai tugas untuk melaksanakan Pembinaan Hidro-Oseanografi dalam rangka mendukung kepentingan TNI dan umum.

 â€œHidrografi bukan hanya sekedar peta laut, hidrografi adalah kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan laut suatu Negara” tandas Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H.


Bagi Kolinlamil, produk-produk Pushidrosal yang dapat dimanfaatkan, antara lain Peta Laut Indonesia berstandar IHO, publikasi nautika yang sudah berstandar SNI, Berita Pelayaran (BPI, KN/HI), informasi pantai dan informasi daerah latihan. Kesemuanya mendukung tugas pokok Kolinlamil dalam melaksanakan pergeseran pasukan dan material tempur, baik dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).


Usai mendapatkan pencerahan, kedua pimpinan Kotama TNI AL ini saling bertukar cinderamata, dilanjutkan mengunjungi Puskodalops, Dinas Pemetaan (Dispeta), Dinas Produksi dan Distribusi (Disprodisi) dan diakhiri dengan foto bersama. (***) 


Sumber : Dispen Kolinlamil



Share on Social Media