Batam, News

Akhir Pekan Para Pedagang Pasar Induk Dipindahkan

Juliadi | Kamis 24 Oct 2019 11:49 WIB | 2861

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Wakil Walikota H. Amsakar Achmad, serta Jajarannya


MATAKEPRI.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan melakukan enertiban pedagang di sekitar bangunan Pasar Induk yang direncanakan, Sabtu (26/10/2019) mendatang atau paling lambat pekan depan. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Batam, H. Amsakar Achmad usai meninjau kondisi kios untuk pemindahan sementara para pedagang.


Menurut Amsakar, bahwa pihaknya akan koordinasi dengan para tim terpadu dan minggu depan atau Sabtu ini sudah lakukan eksekusi.



Amsakar, mengatakan dari hasil peninjauan tersebut diketahui bahwa semua pedagang di Pasar Induk dan sekitarnya sudah terdata. Dan sudah mendapat lokasi kios sementara, berdasarkan hasil pengundian.



Dikatakan Amsakar, bahwa para pedagang sudah terdata dan dipastikan tidak ada yang tertinggal kalau ada penertiban. Selanjutnya tinggal pembersihan.



Amsakar, menjelaskan para pedagang juga sepakat bahwa tempat tersebut harus ditata ulang. Karena itu mereka bersedia untuk dipindahkan, selama proses pembangunan pasar induk berjalan.



“Kios ini juga sudah kita bangun sesuai kebutuhan pedagang. Dari data, ada 186 pedagang, yang dibangun 200-an,” kata Amsakar.



Lanjut Amsakar, beberapa permintaan pedagang juga sudah dipenuhi. Sebelumnya pedagang enggan pindah dengan alasan tak tersedia gudang. Maka gudang pun dibangun di bagian belakang. Alasan berikutnya, tidak ada tempat salat. Dan musala pun dibangun.



“Semua sesuai aspirasi mereka. Jadi tak ada masalah. Air juga tak ada masalah, bisa ambil dari pipa di depan. Semua sudah selesai. Pemerintah cari langkah yang paling akomodatif. Semua sudah kita perhatikan berbagai aspirasi yang berkembang,” ujar Amsakar.


Amsakar berharap rencana pemerintah untuk membangun ulang pasar induk ini didukung semua pihak. Karena tujuannya adalah menjadikan wajah Kota Batam semakin indah di setiap aspeknya. (Adi) 



Share on Social Media