Batam

Kepala BP Surati Bupati/Walikota dan Gubernur se-Indonesia Batam Masih Aman dari Virus Corona

Juliadi | Senin 02 Mar 2020 18:04 WIB | 1188

BP Batam



MATAKEPRI.COM BATAM -- Kota Batam masih aman dari virus Corona, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pengusahaan (BP) - Walikota Batam Muhammad Rudi saat memimpin diskusi antisipasi dan dampak penyebaran virus corona bagi perekonomian Batam, di Balairungsari Lantai 3, BP Batam, Senin (2/3/2020).


Rudi menyampaikan, bahwa Kota hingga saat ini masih aman dari virus Corona dan dan ia pun akan mengirimkan surat kepada seluruh Bupati/Walikota dan Gubernur se-Indonesia, agar jangan rasa takut untuk datang ke Batam.


Dalam enam bulan ke depan ini, menurut Rudi pajak perhotelan 10 % di Batam akan dicabut.


Kemudian ditempat yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) wilayah Provinsi Kepri Musni Hardi Kasuma Atmaja, menyampaikan terkait isu Virus Corona ada lima kebijakan yang diambil oleh BI Diantaranya, pertama meningkatkan intensitas intervensi di pasar keuangan atau triple intervention, kedua penurunan GWM valas untuk bank umum oleh bank Sentral dari 8% menjadi 4% dari DPK dan mulai berlaku 16 Maret 2020 mendatang.


Ketiga, menurunkan GWM untuk rupiah 50 bps yang berlaku 1 April 2020 selama 9 bulan, sehingga mempermudah bank untuk pembiayaan ekspor dan impor. memperluas cakupan underlying transaksi bagi investor asing dalam lindung nilai.


Dan kelima, Bank Indonesia menegaskan investor global dapat menggunakan bank kustodi baik global maupun domestik untuk kegiatan investasi di Indonesia.


Lanjut Musni dari segi perdagangan retail, penurunan kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Kepri diperkirakan juga berdampak pada aktivitas jual beli.


Musni mengungkapkan, BI tetap optimis untuk pertumbuhan pada triwulan III dan IV 2020 akan kembali membaik sehingga proyeksi pertumbuhan ekonomi Kepri tahun 2020 tetap berada pada kisaran 4,7% – 5,1% (yoy). (Adi) 



Share on Social Media