Batam

BP Batam dalam Bingkai Kegiatan Ramadhan 1441 Hijriah

Juliadi | Jumat 22 May 2020 15:18 WIB | 2509

BP Batam


Istimewah


MATAKEPRI.COM BATAM -- Bulan suci Ramadhan bagi umat muslim di seluruh penjuru negeri memiliki makna yang sangat istimewa. Ramadhan, bagi umat Islam merupakan bulan yang sangat penting dan begitu dimuliakan. Banyak peristiwa-peristiwa penting terjadi di bulan Ramadhan yang mempengaruhi Islam hingga sampai saat ini. 


Makna bulan Ramadhan yang juga sangat istimewa bagi umat Islam, adalah pada bulan Ramadhan, segala jenis amal ibadah dan segala jenis perbuatan baik yang didasari karena Allah SWT akan mendapatkan ganjaran dan pahala yang berlipat ganda, maka pada bulan ini sangat semarak dengan rangkaian kegiatan ibadah mengiringi ibadah puasa.


Begitu pun bagi Badan Pengusahaan (BP) Batam. Melalui wadah Badan Koordinasi Dakwah Islam (BKDI), BP Batam merangkai kegiatan sosial dan keagamaan dalam satu semangat kebersamaan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) yang tengah mewabah.


Meski Bulan Ramadhan kali ini mengalami keterbatasan karena pendemi Covid-19, namun BKDI BP Batam secara kontinyu melaksanakan kegiatan sosial dan keagamaan. Bagi BKDI BP Batam, adanya pandemi Covid-19, hal itu tak menyurutkan semangat untuk melaksanakan kegiatan Ramadhan, justru mendorong untuk saling membantu dan peduli sesama.


Hal ini sejalan dengan arahan dan harapan Kepala Badan Pengusahaan Batam Muhammad Rudi, di bulan suci Ramadhan ini di mana dalam kondisi dan situasi pandemik Covid-19, BP Batam agar lebih mempererat tali silaturahim dan ukhuwah dengan masyarakat. 


Terkait dengan itu pula, para pegawai BP Batam bergerak bersama secara sukarela untuk mengumpulkan infaq dan sodaqoh yang dananya digunakan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan anak-anak yatim piatu.


Rangkaian kegiatan Ramadhan yang diinisiasi oleh BKDI BP Batam, tak melulu untuk internal. Pada masa pendemik Covid-19, banyak kegiatan soaial dilakukan, antara lain penyerahan Bingkisan Ramadhan kepada para guru TK BKDI, imam dan marbot masjid, serta pegawai outsourcing dan tenaga cleaning service di lingkungan BP Batam. Selain itu juga dilakukan pemberian paket buka puasa dan santunan kepada anak yatim-piatu untuk sejumlah panti asuhan.


Ketua Panitia Kegiatan Ramadhan 1441 H/2020 M Dendi Gustinandar merinci, penyerahan bingkisan Ramadhan dengan jumlah masing-masing, yaitu 7 paket untuk Guru TK BKDI, 119 paket untuk imam dan marbot di 37 masjid, 880 paket untuk pegawai outsourcing dan tenaga cleaning service. Santunan berupa uang tunai dan paket berbuka puasa untuk 800 anak asuh di 16 panti asuhan di Batam.


Sedangkan untuk meningkatkan wawasan keimanan dan ketaqwaan pegawai, BKDI BP Batam menyelenggarakan tausyiah online yang disiarkan langsung melalui media sosial Youtube dan Facebook BP Batam, bahkan tausiyah ini juga disiarkan langsung di Radio Serumpun 91,7 FM sehingga masyarakat juga dapat mendengarkannya. 


Tausyiah online ini menghadirkan 18 penceramah, dua di antaranya dari Jakarta. Dengan mengusung 22 tema, jadwal tausiyah dilaksanakan pada setiap Senin hingga Kamis usai sholat dzuhur di Masjid BJ Habibie BP Batam. Selain itu ada 4 penceramah yang mengisi tausiyah dalam Program “Ngobras” (Ngobrol Santai Bareng Humas) yang kemudian ditayangkan dalam kanal Youtube BP Batam.


Kepala BP Batam Muhammad Rudi, tak menutup mata kegiatan ini. Ia bahkan memberikan apresiasi yang mendalam kepada para pegawai BP Batam dan BKDI untuk menjadi motor penggerak kegiatan social-keagamaan di lingkungan BP Batam yang menyentuh kepada masyarakat kurang mampu.


“Tentunya kami sangat berterima kasih kepada seluruh karyawan BP Batam yang telah berinfaq dan bersadaqah melalui BKDI BP Batam. Sehingga melalui kegiatan tersebut, terjalinlah kebersamaan, tidak hanya antarpegawai, namun juga kepada masyarakat Batam yang membutuhkan,” ujar Muhammad Rudi.


Kepala BP Batam Muhammad Rudi juga berencana untuk mengembangkan BKDI BP Batam dapat menyediakan layanan zakat untuk mempermudah pembayaran zakat mal bagi pegawai BP Batam yang saat ini masih dilakukan secara individu.


“Kalau di Pemerintah Daerah sudah ada klausul yang mengatur pengumpulan zakat tersebut. Jadi prosesnya tidak individu lagi, akan dibantu oleh BKDI. Jika sudah terkumpul, nantinya akan kita serahkan langsung kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS),” kata Muhammad Rudi.


Muhammad Rudi juga berharap, BKDI dapat terus eksis dan memaksimalkan pelayanan sosial-keagamaan di lingkungan BP Batam, agar kegiatan sosial terus berjalan bagi masyarakat Kota Batam yang membutuhkan.


Sejatinya Ramadhan hanya sebuah instrumen yang Allah berikan kepada manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Harapan besarnya adalah agar setiap insan beriman akan merasakan manfaat. Manfaat untuk keduniaan maupun akhirat. Sebulan penuh jiwa dilatih dan ditempa. Karena urusan puasa ini bukan sekadar menahan haus dan laparnya fisik, akan tetapi ia adalah latihan jiwa. Menempanya menjadi lebih peka dalam kebaikan, menjadi jiwa-jiwa yang selalu belajar untuk mau berbagi. Berbagi dalam segala pemaknaan yang dibingkai oleh kebaikan. 


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin. Taqobbalallahu minnaa wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Ja’alanallaahu Minal ‘Aidin wal Faizin. (Ril) 



Share on Social Media