Batam, News, Ekonomi

Pencapaian Pajak PBB-P2 Kota Batam Semester Pertama 16,62%

Juliadi | Jumat 03 Jul 2020 18:02 WIB | 3129

PAD/APBD/APBN/Pajak
Wali Kota/Wakil Wali Kota
BP2RD


Kepala Badan Pengelolaan Pajak Retribusi Daerah Kota Batam Raja Azmansyah. (Foto: Istimewah)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Kepala Badan Pengelolaan Pajak Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam Raza Azmansyah, turun langsung kelapangan membuka layanan di perumahan.


Menurutnya, hal ini ia dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat atau wajib pajak untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).


Dikatakannya, dengan adanya layanan di perumahan-perumahan tersebut, tidak hanya memudahkan wajib pajak, tapi juga dapat mendongkrak pendapatan daerah, sehingga pembangunan bisa berjalan dengan perencanaan.


"Saat ini kita sudah kerjasama dengan perumahan Marchelia, perkiraan dua hari tapi tergantung animo masyarakat. Setelah itu nanti juga akan gerak ke perumahan lainnya yang berminat," katanya.


Ia menjelaskan, bahwa pencapaian PBB Kota Batam sampai Juni 2020 tercatat Rp. 34.237.021.609 atau baru sekitar 16,62% dari target sebesar Rp. 206.000.000.000.


Menurutnya rendahnya pencapaian PBB-P2 Kota Batam semester pertama tersebut tidak lepas dampak dari corona virus disease (Covid-19).


Ia menuturkan, pihaknya saat ini aktif untuk turun ke lapangan untuk melakukan sosialisasi serta membuka layananan secara langsung.


Ia mengungkapkan, hal ini sejalan dengan komitmen Walikota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad yang ingin terus memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat.


Selain itu, dikatakannya bahwa BP2RD Kota Batam juga bekerjasama dengan BPKP untuk turun ke lapangan khusus WP yang besar, agar melakukan pembayaran, terutama piutang.


Ia juga menjelaskan program pembebasan denda PBB-P2 periode tahun 1994 hingga 2019 diperpanjang hingga 30 September 2020 mendatang.


Ia mengajak masyarakat untuk segera melakukan pembayaran PBB-P2 yang nantinya digunakan pemerintah untuk membangun Kota Batam.


BP2RD Batam juga telah kerjasama antar mitra bank untuk semakin memudahkan wajib pajak, dengan adanya kerjasama tersebut saat ini masyarakat bisa membayar PBB-P2 di sejumlah bank dan e-commerce. Diantaranya Bank Riau Kepri, Bank BRI, Bank BTN dan Bank BJB.


Selain itu juga, menurutnya, ecommerce bisa di Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, LinkAja dan Gopay. Selain itu juga bisa bayar di Alfamart dan Indomaret. (Adi) 



Share on Social Media