Batam

Bersama Atasi Covid-19, Gairahkan Kembali Ekonomi Batam

Juliadi | Sabtu 19 Dec 2020 12:28 WIB | 1704

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Jumat (18/12/2020) malam


MATAKEPRI.COM BATAM – Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengajak semua pihak tidak lengah berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu, ia tidak pernah bosan mengimbau penerapan protokol kesehatan.


“Kita tak akan bisa bekerja atau cepat bekerja kalau pandemi ini tidak terselesaikan. Kalau ingin pertumbuhan Batam cepat, covid ini harus segera selesai,” ucap Rudi saat acara Anugerah Batam Madani di Hotel Aston, Jumat (18/12/2020) malam.


Menurutnya, pencegahan Covid-19 tidak hanya dapat dilakukan oleh Pemko Batam maupun Forkopimda. Namun juga harus berangkat dari kesadaran setiap pribadi masyarakat Batam. Sembari menunggu vaksin, penerapan protokol kesehatan merupakan langkah yang ampuh untuh menekan penyebaran Covid-19.


“Kenapa Covid ini jadi fokus saya, karena kalau dia tidak hilang ekonomi tak akan bangkit, usaha tak bisa jalan. Kita semua yang akan terkena dampak,” katanya.


Ia melanjutkan, permintaan agar semua pihak mentaati protokol kesehatan tidak berarti pemerintah ingin membatasi ruang gerak. Justru dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) aktivitas diperbolehkan, namun dengan syarat menjalankan protokol kesehatan. 


Ia menyampaikan, tim penegakan protokol kesehatan akan terus turun memastikan pelaksanaan aturan tersebut.


“Bersama Forkopimda, kami akan terus lakukan penegakan protokol kesehatan. Ini bentuk sayangnya kami kepada warga Batam, jangan artikan lain sehingga artinya negatif. Intinya kami sangat sayang sehingga penegakan harus kami lakukan,” papar dia.


Ia menyebutkan, sebagai daerah yang salah satunya mengandalkan sektor jasa, Batam membutuhkan interaksi dengan pihak lain. Menurutnya, interaksi akan kembali terbangun jika ada garansi Batam bebas dari Covid-19.  


“Kalau Covid tak selesai, Negara seperti Singapura dan Malaysia tak akan masuk dan investasi akan terganggu,” imbuhnya.


Rudi yang juga Kepala BP Batam menambahkan pemerintah juga tengah giat meningkatkan infrastruktur. Selain yang telah dilakukan oleh Pemko Batam, melalui anggaran BP Batam juga dilakukan peningkatan infrastruktur akses menuju kawasan investasi. Salah satunya, di Batuampar dari pelabuhan mau keluar. Jalandari kantor BP Batam ke Golden Prawn. Simpang bandara, pada Februari akan ditingkatkan menjadi bundaran.


“Kenapa saya kejar karena dua kita berikan izin. Satu kepada Lion dan dua kepada perusahaan Amerika. Kalau itu terjadi, perbaikan pesawat akan besar di Hang Nadim. Runway ditambah satu lagi, masjid kita bangun juga. Bandaranya akan ditingkatkan. Ini beberapa contoh dan masih banyak lagi,” papar dia.


Ia berharap, agar semua pihak terus termotivasi untuk terus membangun Batam. Sehingga pertumbuhan ekonomi semakin baik. 


“Mari bersama-sama kita kembalikan pertumbuhan ekonomi Batam menjadi 6 persen hingga 7 persen. Sekarang bagaimana kita hilangkan dulu covid ini,” pungkasnya. (Adi) 



Share on Social Media