Tanjungpinang

Kadiskum Lantamal IV Menjadi Narasumber di Umrah

Juliadi | Sabtu 20 Feb 2021 07:50 WIB | 1692

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM TANJUNGPINANG – Kepala Dinas Hukum Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Kadiskum Lantamal) IV  Letkol Laut (KH) R. Deni Nugraha Ramdani, S.H., M.H., M.M., M. Tr. Hanla bertempat di Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang secara vitual sebagai Narasumber dalam agenda kegiatan Podcast Anggota Komunitas Pidana Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik UmrahTanjungpinang Kepri, Jumat (19/2/2021).


 Kegiatan Anggota Podcast Komunitas Pidana Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik UmrahTanjungpinang mengusung tema “Peranan Lantamal IV Dalam Proses Penyidikan di Wilayah Perairan Indonesia”.


Dalam kesempatan tersebut, Kadiskum Lantamal IV menyampaikan, bahwa tugas pokok TNI khususnya TNI Angkatan Laut serta dasar/landasan hukum bagi TNI Angkatan Laut selaku penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut.


“Indonesia sebagai negara maritim di mana luas perairan yg melebihi dari pada luas daratan, rentan terjadinya ancaman kedaulatan dan terjadinya tindak pelanggaran maupun tindak pidana tertentu di laut,” tutur Kadiskum Lantamal IV.

Kadiskum juga mengatakan, wilayah kerja Lantamal IV bila ditinjau dari komponen strategis geografis  posisinya sangat  memiliki nilai tawar dalam sudut pandang geopolitik lingkungan strategis baik secara regional maupun global. 


Lebih jauh dikatakannya, bahwa hal ini disebabkan wilayah kerja Lantamal IV merupakan wilayah yang berbatasan dengan beberapa negara tetangga, yaitu negara Vietnam, Singapura dan Malaysia serta adanya ALKI I. 


"Selain itu juga bahwa di wilayah kerja Lantamal IV terdapat Selat Malaka dan Selat Singapura yang digunakan sebagai pelintasan berbagai jenis kapal dari berbagai Negara, sehingga perairan tersebut merupakan Sea Lanes of Comunication (SLOC) dan Sea Lanes of Oil Trade (SLOT) dunia yang sangat vital bagi dunia Internasional,” pungkasnya.

 

Sebagai informasi kegiatan tersebut diikuti langsung oleh sebagian perwakilan Mahasiswa secara virtual sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid - 19. Dalam pemberian materi, Narasumber Kadiskum Lantamal IV juga memberi kesempatan untuk tanya jawab dua arah, tujuannya untuk memastikan materi yang sudah di berikan dapat dimengerti dan dipahami oleh para Mahasiswa. 


Pada kegiatan tersebut Kadiskum Lantamal IV, didampingi oleh Perwira Staf Diskum Lantamal IV yaitu Lettu Laut (T) Atik Wibowo, S.H. dan Letda Laut (KH) Adji Puspa Negara, S.H. (r/Adi) 



Share on Social Media