Batam

Peduli Terhadap Sesama, Harris Hotel Batam Center Gelar Kegiatan Donor Darah

Juliadi | Selasa 09 Mar 2021 13:56 WIB | 1917

Hotel/Cafe & Resto
Kesehatan


Suasana kegiatan donor darah Harris Hotel Batam Center, Selasa (9/3/2021)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Sebagai wujud dari values Tauzia Hotels yaitu “Think of Others” peduli terhadap sesama, Harris Hotel Batam Center kembali menyelenggarakan kegiatan donor darah yang merupakan salah satu kegiatan rutin dari program Corporate Social Responsibility (CSR).


Kegiatan yang dilaksanakan di foyer Harris Hotel Batam Center dilakukan dengan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam, Selasa (9/3/2021).


Asisten Human Resources Manager Harris Hotel Batam Center, Ardhiyan Gilang Ramadhan, mengatakan, tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah sebagai salah satu perwujudan nilai karyawan Harris Hotels dalam bentuk peduli antar sesama untuk ikut berpartisipasi membantu masyarakat yang sedang membutuhkan darah untuk kesehatan mereka.


"Selain karyawan Harris Hotel Batam Center, ada beberapa masyarakat umum yang turut datang untuk mengikuti kegiatan donor darah ini," ungkap Gilang.


Menurut Gilang, setiap calon pendonor akan dilakukan screening terlebih dahulu dengan mengisi formulir atas data diri dan riwayat medis yang pernah dialami. Kemudian akan dilakukan pengecekan tensi darah, hemoglobin darah serta golongan darah.


Dijelaskan Gipang, untuk syarat umum yang harus dipenuhi sebelum melakukan donor darah:

1. Kondisi fisik harus dalam keadaan sehat, jasmani maupun rohani. 

2. Berusia 17-60 tahun, namun, untuk remaja usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor darah, bila mendapat izin tertulis dari orangtua dan memenuhi persyaratan lain.

3. Memiliki berat badan minimal 45 kilogram. 

4. Suhu tubuh 36,6-37,5 derajat Celcius.

5. Tekanan darah harus berada di angka 100-160 untuk sistolik dan 70-100 untuk diastolik.

6. Saat pemeriksaan, denyut nadi harus sekitar 50-100 kali per menit. 

7. Kadar hemoglobin minimal 12 gr/dl untuk wanita, dan minimal 12,5 gr/dl untuk pria.


Lanjut dikatakannya, kegiatan donor darah sangat membantu masyarakat dan pihak medis karena stok darah akan selalu ada sehingga masyarakat yang membutuhkan darah bisa terpenuhi.


"Kegiatan ini juga menyehatkan bagi si pendonor karena dapat menjaga kesehatan jantung, membuat darah mengalir lebih lancar dan meningkatkan produksi sel darah merah,” tambah Gilang.


Tak lupa, Gilang juga mengajak setiap orang agar dengan sukarela menyumbangkan darahnya sebagai bentuk kepedulian bagi keselamatan orang-orang di sekitar kita. (r/Adi) 



Share on Social Media