International, News

Bendera yang di Kibarkan Oleh Masjid AL AKBAR Surabaya Terbesar Ke Dua se-Indonesia

| Jumat 17 Aug 2018 13:47 WIB | 560



Persiapan pengibaran bendera raksasa berukuran 25x17 meter di Masjid Al Akbar, Surabaya, (istimewa )


MATAKEPRI.COM - 17 Agustus 1945 diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia. Setiap tahun, pada 17 Agustus digelar upacara untuk memperingati Hari Kemerdekaan. Masjid Al-Akbar Surabaya pun begitu.

Menariknya, bendera yang dikibarkan oleh masjid terbesar kedua se-Indonesia ini lain daripada yang lain. Pasalnya, mereka mengibarkan bendera merah putih raksasa.

Ukurannya saja mencapai 25x17 meter.

Bendera tersebut dikibarkan oleh takmir masjid, jajaran pengurus, serta jajaran direksi Masjid Al-Akbar Surabaya. Bendera ini dikibarkan di menara masjid setinggi 99 meter.

Setelah upacara selesai, 17 orang yang dipimpin oleh Dirut Masjid Al-Akbar, Hendro Siswantoro dan Sekretaris Masjid Al-Akbar, Hizbul Wathon, membawa bendera raksasa tersebut ke menara di sebelah barat masjid. Untuk persiapan pengibaran sendiri membutuhkan waktu tidak kurang dari 30 menit.

Ada 8 ikatan di bendera, setiap 2 meter satu ikatan," kata Hizbul yang sedang mengikat bendera tersebut. Namun, ada insiden tak terduga terjadi ketika proses pengibaran bendera. 

Diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, tujuh orang pengurus masjid perlahan menarik tali untuk mengibarkan bendera tersebut.

Sayangnya, di pertengahan jalan bendera tersebut melilit ke tali. Para peserta upacara hanya bisa melihat sambil memberikan semangat.

Mereka tampak mengibar-ngibarkan bendera kecil yang dipegangnya. Peserta upacaranya pun bermacam-macam, ada ibu-ibu, bapak-bapak, hingga anak anak.

Tak lama kemudian, bendera sudah kembali berkibar dengan gagahnya Saat talinya hendak ditarik, lagi-lagi ada insiden tak terduga.

Kali ini benderanya nyangkut hingga membuat para peserta upacara berteriak. Teriakan terkeras datang dari seorang bocah.

Bocah itu berteriak dalam Bahasa Jawa (Surabaya) selama beberapa kali. Pak, kecanthol pak! Pak, kecanthol! Kecanthol pak! (Pak, nyangkut pak! Pak, nyangkut! Nyangkut pak.

Untungnya, setelah berbagai insiden, bendera raksasa itu dapat berkibar dengan perkasa.

Walaupun bendera sempat terlilit tali, namun dengan usaha para pengurus masjid pengibaran bendera bisa dilanjutkan kembali.

Sorak sorai dan tepuk tangan peserta upacara pecah saat sang saka merah putih berkibar di menara Masjid Al-Akbar. ( *** )

Sumber : Tribun






Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait