News, Lingga

Hadiri IISMEX 2019, Bupati Lingga Dukung Terwujudnya Smart City

Juliadi | Rabu 17 Jul 2019 16:36 WIB | 521




MATAKEPRI.COM, Lingga – Hadir di Jakarta Convention Center, Bupati Lingga berkesempatan menyaksikan sebuah event internasional yang digelar dari tanggal 17 s/d 19 Juli 2019. Acara yang bertajuk International Smart City Expo and Forum 2019 ini, mengangkat tema ‘Powering Public Services : Uniting Resources within Synergy, Innovation, and Collaboration Government.‘ Rabu (17/07/2019)


Pada pameran dan forum bergengsi yang dihadiri oleh 548 orang kepala daerah, mulai dari Gubernur, Bupati dan Walikota dari seluruh Indonesia ini, juga dihadiri oleh 565 peserta pameran dari 30 negara.


Acara ini mempertemukan langsung para pelaku bisnis, Pejabat Pemerintah, Pembuat Kebijakan / policy maker, Pengambil Keputusan, Tokoh Masyarakat, Perencana Kota Pintar dan Developer, serta semua Stake Holder, dalam rangka memberikan solusi pada permasalahan perkotaan dan tantangan global.


Alias Wello selaku Bupati Lingga yang didampingi oleh Kabag Kominfo dan Humas Pemkab Lingga, Zainal Abidin;  hadir pada kegiatan ini adalah dalam rangka membangun kemitraan dan peluang bisnis atau investasi, serta bagaimana planning secara komprehensif membangun kawasan kota cerdas kedepannya.


“Kita bersyukur bisa hadir dalam event akbar ini, yang bisa membuka mata dan minda kita, terhadap konsep dan inovasi sistem perkotaan yang mengintegrasikan teknologi digital, guna membangun sebuah kota yang dapat berkinerja dengan baik dalam pelayan publik, penduduk, ekonomi, pemerintah, mobilitas dan lingkungan hidup; sehingga membuat kota tersebut menjadi lebih efektif, efisien, aman, nyaman, sejahtera, ramah lingkungan dan layak huni (sustainable).


Baca juga : KPK Diharapkan Juga Melidik tambang pasir di Lingga


Beliau menambahkan bahwa, Pemkab Lingga akan segera menginventarisir dan menyusun skala prioritas yang sifatnya urgent yang bisa diadaptasi dan memerlukan langkah konkrit menuju ‘Good Governance’dari kecanggihan teknologi yang ada saat ini.


Forum ini disemarakkan dengan rangkaian pameran teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia, mulai dari kehadiran Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo Pool Tech serta Indo Firex, yang menampilkan teknologi terkini di bidang industri air, limbah pengelolaan limbah, energi baru terbarukan, kolam renang, keamanan, proteksi kebakaran, SAR, penanggulangan bencana, serta kesehatan dan keselamatan kerja.


Dalam forum ini dibahas dan dikaji kolaborasi dari masing-masing kementerian mulai dari program, penganggaran hingga regulasi, sehingga sinergitas ini mampu mendongkrak munculnya daerah-daerah baru yang berbasis ‘kota cerdas yang terpadu‘.


Saat ini, daerah-daerah ada beberapa daerah yang telah menerapkan smart city, diantaranya Jakarta, Banyuwangi, Bandung, Yogyakarata, Gorontalo dan lain sebagainya. Dari 34 Provinsi dan 514 kota yang ada di Indonesia, pemerintah menargetkan dalam waktu dekat akan muncul 100 kota dengan program smart city.


Smart City atau Kota Cerdas itu sendiri merupakan visi pembangunan perkotaan / pemerintahan dengan mengintegarasikan teknologi informasi dan komunikasi, dengan teknologi Internet of Things dengan cara yang aman untuk mengelola aset kota/daerah, yang trend saat ini dengan sebutan ‘Dilan‘ (Digital Melayani), yang bersumber pada High Resolution Building  dengan pemasangan fiber optic melalui jasa provider, yakni jaringan perangkat elektronik yang saling terrhubung dan mampu mengirimkan data dalam waktu singkat antar OPD/Dinas yang ada di Daik; dan menggunakan opsi layanan metro untuk OPD di luar Daik, melalui satu command centre, sehingga terwujud smart office.


Dengan adanya infrastruktur ini, harapan kita kedepan bahwa semua program aplikasi berupa E-Planning, E-Budgeting, E-Desa/Kelurahan, E-Finger Print mampu melahirkan E-Government, E-Kesehatan, E-Pendidikan, E-Pariwisata, E-Pengadaan, sehingga tercipta ‘Smart Lingga Integrated‘.


Namun semuanya itu memerlukan kesiapan masing-masing OPD, masyarakat dan dukungan regulasi dalam bentuk Perda; kesemua ini bisa tercapai, jika komponen resource, enabler dan proses bersinergi dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.


Hadir sebagai keynote speech dalam kegiatan International Smart City Expo and Forum 2019 (IISMEX 2019) ini, Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla; sekaligus membuka secara resmi forum tersebut, yang ditandai dengan penekanan ‘tombol multi media’ oleh Wakil Presiden yang didampingi oleh Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo.


Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden memberikan pengarahan terkait pembangunan smart city; beliau berharap agar masyarakat sebagai penikmat dan pengguna smart city  kedepannya juga harus cerdas, sehingga bisa mendukung program yang ada dalam smart city tersebut.


Kemudian acara dilanjutkan dengan mengelilingi stand pameran yang didampingi oleh para menteri dan tamu VIP.


Untuk diketahui, pada acara ini acara ini, juga diberikan penghargaan kepada para kepala Daerah yang berkinerja baik, yakini Penghargaan Samya Karya Nugraha dan Satya Lencana Bakti Praja. (NAZILI)



Berita Terkait

Tidak ada berita terkait