Batam, Nasional , News, Ekonomi

Tahun 2021 STNK Kertas Akan Di Ganti Dengan Model Kartu

| Jumat 29 Nov 2019 10:08 WIB | 1864



STNK Kertas yang akan beralih ke STNK elektronik


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Untuk terus meningkatkan pelayanan dan juga memoderinisasi, telah di rencanakan bahwa pada tahun 2021 mendatang STNK dengan model kertas akan di ganti dengan Jenis kartu.


Hal tersebut pun telah di rencanakan oleh Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri, Brigjen Halim Pagarra. Dan hingga saat ini pihak nya juga sudah mengkaji hal tersebut dengan berbagai lembaga terkait.


Di kutip Dari Tempo bahwa hal tersebut sudah sampai dalam tahap pembahasan dan konsep. Menurut Halim, pada tahun mendatang, STNK dengan jenis ini akan di masukkan beberapa teknologi sehingga bisa terinstegrasi oleh berbagai sistem pendukung lainnya.


Menurut Halim, STNK elektronik ini juga sangat memudahkan pengguna nya, dan juga bisa menambah kepedulian sang pemilik terhadap kendaraan itu sendiri.


"Mudah-mudahan hal ini diwujudkan pada 2021. Saat ini sedang dalam tahap pembahasan dan konsep," ucap Halim.


Pembahasan tersebut, telah di lakukan bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan, Serta kepada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di berbagai daerah.


Pengkajian yang di lakukan pun sangat bermacam-macam, yang terpenting dalam STNK elektronik tersebut nantinya akan ada sebuah chip yang bisa terinstegrasi ke berbagai hal seperti e-parking dan juga tilang serta denda.



"Macam-macam pengkajian yang telah dilakukan, seperti tentang konsep dan juga chip. Nanti kan di STNK itu ada chip yang bisa terintegrasi ke berbagai hal seperti e-parking," kata Halim.


Tidak hanya berfungsi sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor, tapi STNK juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran tilang atau denda, parkir, dan lainnya, dan masih ada beberapa keunggulan lainnya dibandingkan model sebelumnya yang berbentuk kertas.


"Diharapkan dengan diberlakukannya STNK elektronik akan terjadi modernisasi dalam hal pencatatan dan penyimpanan data, serta hilangnya perilaku tidak baik seperti pemalsuan STNK di lapangan," pungkas Halim. (AM)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait