Batam, News, Kepri

Fokus Pelayanan Masyarakat, Utusan Sarumaha Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPD HIMNI Kepri

Egi | Minggu 18 Oct 2020 11:23 WIB | 1338

Pelantikan/Sertijab/Pengukuhan


Pelantikan HIMNI Kepulauan Riau (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Utusan Sarumaha dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Kepri.


Ketua DPD HIMNI Kepri Utusan Sarumaha, mengatakan dalam rangka pelaksanaan organisasi HIMNI setiap pengurus yang telah dipilih harus dilantik melalui pelantikan yang dilaksanakan langsung oleh DPP HIMNI.


"Alhamdulillah Puji Tuhan pelaksanaan Pelantikan DPP HIMNI Kepri dan DPC HIMNI Kota Batam berjalan dengan baik dan lancar," ujar Utusan setelah pelantikan pada Sabtu (18/10/2020) malam di Golden Prawn Bengkong.


Sebelumnya, pelaksanaan pelantikan ini sudah beberapa kali kita tunda dikarenakan adanya wabah Covid-19, dan baru hari ini bisa kita laksanakan.


Utusan menjelaskan, selain melaksanakan hukum organisasi tentu kegiatan ini menjadi penyegaran bagi kami pengurus, baik di DPC maupun DPD HIMNI.




Seluruh masyarakat Nias akan terus membangun kebersamaan di Kepri dan di Kota Batam baik dalam suka maupun duka. Tentu ini adalah sebagai satu organisasi yang mempersatukan masyarakat Nias di seluruh nusantara secara khusus di Kepri.


"Kita siap melaksanakan pembangunan di Kepri dan Kota Batam dan juga akan melaksanakan cita-cita luhur pada orang tua kita, para pendiri HIMNI yakni menjaga persatuan dan kesatuan serta persatuan masyarakat Nias di seluruh nusantara," ungkap Utusan yang juga sebagai Anggota Komisi 1 DPRD Kota Batam.


Untuk jumlah anggota di Kepri kurang lebih ada 13 ribu anggota yang terdiri dari 12 Kecamatan di Kota Batam, Bintan, Karimun dan Tanjung Pinang.


"Anggota yang berada di seluruh wilayah Kepri ada sebanyak 13 ribu anggota yang berada di Batam, Bintan, Karimun, dan Tanjung Pinang," bebernya.


Dalam pelaksanaan Pemilu 9 Desember mendatang, masyarakat Nias bisa menjadi salah satu masyarakat yang mensukseskan acara Pilkada.




"Masyarakat Nias tentu memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan Kota Batam dan juga Provinsi Kepulauan riau," tuturnya.


Utusan menambahkan, kalau secara organisasi dan kelembagaan, HIMNI bebas dari politik dan itu sudah kita sepakati, kalau kemudian ada pengurus HIMNI yang bergerak atau bergabung di politik tentu itu hak individul.


"Secara kelembagaan itu clear and clean bahwa HIMNI tidak akan memberikan dukungan kepada siapapun secara administrasi pada kelembagaan dengan alasan untuk menjaga keutuhan, karena di HIMNI tentu kita punya warna warna yang berbeda," imbuhnya.


"Saya sebagai Ketua DPD tidak bisa memaksakan kehendak itu karena politik hanya sampai 9 Desember, tapi keutuhan masyarakat Nias itu untuk selama-lamanya," ungkapnya kembali.


Sementara itu, untuk program kedepan sesuai dengan apa yang saya sampaikan pada Musda beberapa waktu lalu, kita sedang fokus dengan pemberesan Administrasi kependudukan masyarakat Nias, baik KTP, akte lahir, dan akte nikah.


Selain itu kita akan melaksanakan program-program kedepan seperti pembuatan database dan pelatihan kerja dalam rangka peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).


"Kita berharap Pemerintah Provinsi Kepri dan Kota Batam memberikan perhatian agar masyarakat Nias di Kota Batam dan Kepri bisa memberikan kontribusi dalam rangka kemajuan dan pembangunan Kepri dan Kota Batam," pungkasnya (egi)




Share on Social Media