News

Sidang Pembacaan Tututan Ahok tetap dipadati massa pro maupun kontra

| Kamis 20 Apr 2017 09:38 WIB | 1951




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjalani sidang dugaan penistaan agama dengan agenda pembacaan tuntutan. Massa yang mengikuti sidang kali ini lebih ramai dari biasanya.

Seperti yang dimuat detikcom, pintu masuk ruang sidang sudah dibuka sejak pukul 08.00 WIB. Hingga sekitar pukul 8.45 WIB massa baik pro dan kontra masih terus berdatangan.

Seperti biasa sebelum memasuki ruang sidang seluruh pengunjung sidang wajib diperiksa oleh petugas. Seluruh pengunjung termasuk wartawan juga harus menulis absensi.

Barang elektronik seperti handphone wajib dititipkan agar tidak mengganggu jalannya persidangan. Setiap pengunjung juga akan di-body check.

Sementara itu di dalam ruang sidang terlihat kursi mulai penuh oleh massa baik pro dan kontra. Hari ini massa yang memakai pakaian dan atribut putih juga terlihat lebih banyak dari biasanya.

Hal itu terlihat dari absensi di pintu masuk ruang sidang. Sidang tuntutan ini akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Salah satu massa kontra Ahok mengaku mengikuti jalannya sidang untuk mendengarkan tuntutan jaksa. Dia mengaku Salah satu yang tersinggung dengan ucapan Ahok.

"Dari awal sidang di Kementan Ragunan selalu ngikutin sidang sampai hari ini. Ingin tahu hukum apa yang akan diberikan kepada orang yang menyebut-nyebut Alquran, bicara asal saja tidak tahu kalau orang lain tersinggung," kata Mirdawati.

Meski begitu dia mengaku sudah memaafkan Ahok. Dia ingin Ahok belajar dari kesalahannya.

"Saya memaafkan dia supaya berubah, Saya salut dengan pekerjaannya tapi tidak salut dengan lidahnya. Harapn supaya lidah yang asal bicara dirubah, sbg seorang ibu dan saya tidak mau orang Indonesia bicara asal saja," katanya.

Sementara itu salah satu massa pendukung Ahok, Arni, menyebut ingin memberikan dukungan moral untuk Gubernurnya. Dia berharap Ahok bisa diputus bebas.

"Untuk memberikan dukungan moral untuk Pak Ahok. Harapan diputus bebas," ujar Arni.

Sidang tuntutan ini sempat tertunda pada pekan lalu. Hakim kemudian memutuskan agar sidang dilanjutkan pada hari ini.

Aparat kepolisian tetap dikerahkan guna melakukan pengamanan sidang. Akses jalan menuju lokasi sidang sudah ditutup sejak pukul 05.00 WIB.

Tadi malam Ahok sudah menyatakan akan menerima apa pun tuntutan jaksa dalam sidang ini. Ahok mengaku akan menerima dengan sabar dan ikhlas.

"Makanya ini kan takdir hidup orang, kan semua di tangan Tuhan. Saya besok akan jalani dengan sabar dan ikhlas. Apa pun yang dituntut oleh jaksa penuntut umum," kata Ahok di kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (19/4).(***)



Share on Social Media