News

Layani Pemudik, XL Axiata Perluasan Jaringan Sumatera

| Selasa 20 Jun 2017 17:18 WIB | 2785




MATAKEPRI.COM, Jambi - Provinsi Jambi akan menjadi salah satu titik tujuan mudik di Sumatera. Hadirnya layanan 4G LTE dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di Jambi akan ikut menyambut kemeriahan perayaan Lebaran. 

Menjelang datangnya Idul Fitri 1438H, XL Axiata telah turut serta memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi dan Data sebagai antisipasi potensi kenaikan trafik saat libur panjang Lebaran. Apalagi pemudik Lebaran yang masuk ke Jambi tahun ini diprediksi akan meningkat dua kali lipat. 

Layanan XL Axiata kini telah hadir melayani masyarakat dan pelanggan di 9 kota/kabupaten di Provinsi Jambi dan mulai bisa dimanfaatkan sejak Mei 2017 lalu.

Vice President West Region XL Axiata, Francky Rinaldo Pakpahan dalam rilisnya mengatakan, XL 4G LTE, sudah siap melayani para pelanggan XL yang datang ke Jambi. Sengaja menjelang Lebaran kami meresmikan layanan 4G LTE ini agar warga masyarakat Jambi secara umum dan pelanggan XL Axiata akan bisa memanfaatkan layanan internet cepat ini guna mendukung aktivitas Lebaran. 

"Kami yakin masyarakat Jambi secara umum sudah menantikan kehadiran layanan 4G LTE, yang ditunjukkan dengan terus meningkatnya trafik layanan data di semua kota/kabupaten, seperti yang juga terjadi di hampir semua daerah di Sumatera,"terangnya.

Francky juga menambahkan, Pertumbuhan trafik layanan Data seiring dengan semakin tumbuhnya pelanggan yang menggunakan smartphone berkemampuan 4G. Dari total jumlah pelanggan XL Axiata di seluruh Jambi, sebanyak 40% di antaranya telah secara aktif menggunakan layanan Data. 

Sekitar 30% dari pelanggan juga telah menggunakan smartphone berkemampuan 4G. Sementara itu untuk trafik data di Jambi, tercatat sudah meningkat hingga sekitar 52% dibandingkan tahun lalu. Kenaikan trafik layanan data terutama didorong oleh akses ke konten-konten video dan ke berbagai media sosial. Dengan jaringan XL 4G LTE, maka akses pada konten-konten berkapasitas besar akan lebih baik, cepat, dan stabil. 

Kesembilan kota/kabupaten Jambi yang kini terjangkau jaringan layanan XL 4G LTE adalah Kota Jambi, Kab. Batang Hari, Kab. Merangin, Kab. Muarojambi, Kab. Sarolangun, Kab. Tanjung Jabung Barat, Kab. Tanjung Jabung Timur, dan Kota Sungai Penuh. 

Menyusul di tahap pengembangan selanjutnya adalah Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Tebo.Secara bertahap, XL Axiata akan terus meningkatkan kualitas jaringan dengan menambah area cakupan layanan di setiap kota dengan antara lain menambah jumlah BTS 4G. Saat ini, total XL 4G LTE yang tersedia di seluruh Jambi adalah 90 BTS 4G, 64% di antaranya sudah beroperasi.. 

XL Axiata akan terus melanjutkan perluasan layanan 4G LTE ke berbagai daerah di Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya. Hingga saat ini, XL Axiata sudah menggelar layanan XL 4G LTE di 73 kabupaten/kota di provinsi Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Sumatera Barat, dan Jambi. 

Perluasan akan masih terus berlanjut di Sumatera. Sampai akhir tahun 2017 nanti, perluasan akan mencakup 53 kota/kabupaten lainnya, termasuk di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Bengkulu. 

Beberapa kabupaten yang sedang dipersiapkan bahkan merupakan daerah perbatasan dengan perairan internasional, seperti Kabupaten Simeulue di Samudera Hindia, Kabupaten Natuna di Laut Cina Selatan, serta Kepulauan Meranti di Selat Malaka. Dengan demikian, pada akhir tahun ini nanti layanan XL 4G LTE akan melayani semua provinsi di Sumatera. 

Secara nasional, jaringan XL 4G LTE telah melayani pelanggan di 250 kota/kabupaten yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia yang ditopang dengan sekitar 13 ribu BTS 4G. 

Jumlah pelanggan layanan 4G LTE terus meningkat dan saat ini mencapai lebih dari 15 juta. Sampai akhir tahun 2017 nanti XL Axiata mentargetkan pembangunan lebih dari 17 ribu BTS 4G untuk menopang layanan di 330 kota/kabupaten di berbagai pelosok Indonesia.

Cakupan layanan 4G LTE diprioritaskan di area-area yang memang paling membutuhkan akses internet cepat dan Data digital, seperti antara lain pusat pemerintahan, bisnis, perdagangan, area publik, dan pendidikan.

Perluasan layanan 4G LTE oleh XL Axiata ini searah dengan strategi perusahaan untuk berfokus pada layanan Data untuk tahun 2017 ini. Karena itu pula, investasi untuk tahun ini diutamakan untuk mendukung pembangunan layanan Data dari berbagai sisi, termasuk penyediaan jaringan hingga ke pelosok daerah.(*)




Share on Social Media