Nasional , News, Ekonomi

Harga Emas Akan Tembus 700 Ribu per gram

Agung | Jumat 16 Aug 2019 11:22 WIB | 248

Pasar


Salah satu toko emas di pasar Aviari Batam, (foto :Agung)


MATAKEPRI.COM, Kalianda – Harga emas diprediksi akan menyentuh angka Rp700 ribu per gramnya. Belum diketahui secara pasti kapan harga fantastis itu akan berlaku. Namun, pedagang emas di lingkungan pasar Inpres Kalianda memprediksi hal itu akan terjadi dalam beberapa hari mendatang.


Hingga Kamis (15/8) kemarin, harga emas 24 karat telah menyentuh angka Rp660 ribu per gramnya. Informasinya, harga emas terus mengalami kenaikan sebelum hari raya Iduladha lalu. Pada saat itu, harga emas per gramnya sudah menyentuh angka Rp610 ribu. Dan hampir setiap hari mengalami kenaikan.


"Hitungannya (naik) setiap hari. Kemarin (Rabu) harganya Rp650 ribu per gram, sekarang Rp660 ribu per gram. Jadi asumsi kita per hari naik Rp10 ribu, kan," kata Umi, penjual emas di pasar Inpres Kalianda kepada Radar Lamsel.


Sementara itu, harga mas antam hampir menyentuh angka Rp700 ribu per gram. Sebagai penjual emas, Umi tahu betul apakan harganya akan mengalami kenaikan atau tidak. Tapi yang pasti, harga emas akan terus mengalami lonjakan selama sepekan mendatang.


BItu harga yang sekarang. Tapi nanti pasti naik lagi, prediksi kita (pedagang) sih begitu ya. Kan kita juga lihat posisi emas yang 24 karat, kemungkinannya naik ke harga Rp700 ribu,” ujarnya.


Syaiful, pedagang emas lainnya, mengamini kemungkinan kenaikan harga emas. Saat ditanya apa penyebab kenaikan harga emas, Syaiful tak mengetahuinya secara pasti. Menurut Syaiful, ada banyak kemungkinan dan fakot yang memicu kenaikan harga. Salah satunya harga pasaran.


“Biasanya itu. Tapi kembali lagi ke pedagang. Kalau di sini (pasar Inpres), rata-rata harga emas 24 karat memang segitu (Rp660 ribu). Tapi saya dapat info kalau di toko emas yang lain, harganya lebih tinggi lagi, kalau tidak salah Rp670 ribu,” katanya.


Tingginya harga emas tak menjadi hal yang mengherankan bagi masyarakat. Pasalnya, masyarakat menganggap emas bisa dijadikan sebuah investasi yang sangat bagus. “Wajar-wajar saja ya. Kalau emas, kan lebih banyak naiknya daripada turunnya,” katanya.



(**)

Sumber : Radar Lamsel