Bintan

Panda Lantamal IV Terima Pelatihan Penerimaan Prajurit TNI AL Dari Tim Lapetal

Juliadi | Senin 10 Jan 2022 21:17 WIB | 1870

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNG UBAN – Jelang pelaksanaan seleksi penerimaan calon prajurit TNI AL yang berkualitas, Panitia Daerah (Panda) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang beserta jajaran, menerima pelatihan dan pembekalan personel yang diselenggarakan oleh Tim dari Lembaga Penyediaan Tenaga TNI Angkatan Laut (Lapetal) bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Yos Sudarso Mako Lantamal IV Jalan Yos Sudarso Nomor 1 Batu Hitam Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (10/1/2021).


Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, SH., MH., M.Tr.Opsla dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Danlantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat M mengatakan, dalam rangka memenuhi kebutuhan penyediaan personel TNI AL yang berkualitas, dipengaruhi oleh proses penerimaan calon prajurit.


Untuk itu perlu diberikan pengetahuan dan ketrampilan melalui pelatihan dan pembekalan kepada personel panitia daerah sebagai pelaksana seleksi penerimaan calon prajurit TNI AL.


“Seleksi penerimaan melalui proses pemeriksaan dan pengujian secara cermat dan sistematis terhadap kondisi kesehatan, kesamaptaan jasmani, psikologi, mental ideologi dan persyaratan administrasi calon prajurit serta tes akademik, khusus bagi calon Bintara dan calon Taruna TNI AL. Dengan adanya pelatihan ini, Saya harapkan seluruh peserta dapat mengikuti dan memahami prosedur yang harus dilaksanakan, sehingga kegiatan seleksi penerimaan calon prajurit TNI AL dapat berjalan dengan lancar, tepat waktu dan meciptakan calon prajurit yang berkualitas,” tambah Danlantamal IV.


Pada kesempatan tersebut Kalapetal Kolonel Laut (P) Apri Suryanta mengatakan bahwa ke depan tantangan dalam penyediaan prajurit akan semakin komplek, untuk itu diperlukan kesamaan visi dan misi dalam pelaksanaan seleksi penerimaan calon prajurit TNI AL.


"Agar didapatkan calon-calon prajurit yang berkualitas untuk mengawaki organisasi dalam kurun waktu 35 tahun ke depan, sehingga mampu membawa kejayaan TNI AL,” jelasnya.


“Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan guna memberikan dasar-dasar aturan terkait penerimaan calon prajurit, sehingga dapat bekerja secara profesional, jujur, adil, transparan dan akuntabel," ungkapnya. 


Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata, foto bersama dan pembekalan oleh Letkol Laut (P) M.Hanif, A.md. selaku Kasimindia Lapetal dan diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh para peserta.


Hadir dalam kegiatan tersebiut antara lain Aspers, Aspotmar, Ka Kuwil Danlantamal IV, Danpom, Kadisminpers danKadiskes Lantamal IV serta Tim dari Lapetal: Mayor Marinir Haris Tripurnama, Mayor Laut (T) Erya Rahman Hakim dan Kapten Laut (S) Noor Komara. (r/Adi) 



Share on Social Media