Batam, News, Kepri

Satgas Pangan Pastikan Bahan Pokok Makanan di Batam Cukup di Lebaran Idul Fitri

Egi | Senin 17 Apr 2023 22:50 WIB | 428

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri


Dirkrimsus Polda Kepri KBP Nasriadi saat diwawancarai stok bahan pangan di hari Idul Fitri 1444 H, Senin (17/4/2023) fot


MATAKEPRI.COM BATAM -- Dalam rangka menjelang Lebaran Idul Fitri 2023, Satgas Pangan Kepulauan Riau (Kepri) melakukan pengawasan bahan pokok. 


Dirkrimsus Polda Kepri Kombes Pol Nasriadi mengatakan, sebagai Satgas Pangan telah melakukan pemantauan masalah harga pangan, baik di Kota maupun di Kabupaten. 


"Secara umum, kenaikan signifikan harga pangan tidak ada, tetapi ada beberapa bahan-bahan pokok yang mengalami kenaikan," ujar Nasriadi pada Senin (17/4/2023) pagi usai pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Seligi 2023.


Lanjutnya, alasan beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan dikarenakan masalah transportasi. Contohnya, cabe yang didatangkan dari NTB, Aceh, dan Medan. 


"Jika transportasinya menggunakan maskapai penerbangan dan cabenya bagus, maka transportasinya agak mahal. Jika menggunakan transportasi laut atau darat itu harganya sedikit murah tetapi kondisi cabenya tidak fresh (segar)," ungkapnya. 


Satgas Pangan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi, Kota, dan Kabupaten untuk bisa mensubsidi transportasi tersebut agar harga cabe tidak terlalu mahal. 


"Untuk stok lainnya, kita masih ada sementara untuk daging kita masih mengandalkan daging impor karena daging lokal masih cukup terkendali oleh masyarakat," imbuhnya. 


Dirkrimsus Polda Kepri himbau kepada seluruh pengelola pasar untuk mengecek bahan pangan secara signifikan dan juga tidak melakukan penimbunan. 


"Kita harap tidak ada yang melakukan penimbunan bahan sembako yanh dibutuhkan oleh masyarakat dalam rangka menyambut hari raya idul fitri," tuturnya. 


"Apabila ada yang kedapatan melakukan penimbunan dan menaikan harga, akan kita tindak lanjuti dan lakukan proses sesuai hukum yang berlaku," pungkasnya (egi) 


Redaktur: ZB





Share on Social Media