International, Lifestyle, News, Ekonomi

Fakta Negara Tuvalu, Negara yang Bergantung Bantuan Asing & Kiriman Kerabat dari Luar Negeri

Riki | Jumat 12 May 2023 11:30 WIB | 804



Tuvalu, Negara yang bergantung bantuan asing & kiriman kerabat dari luar negeri


MATAKEPRI.COM - Tuvalu. Mungkin banyak masyarakat yang belum tahu dengan Negara yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik ini.


Melansir dari Britannica, Kamis (11/5), negara Tuvalu dulunya Kepulauan Ellice, negara di barat-tengah Samudera Pasifik. Ini terdiri dari sembilan pulau karang kecil yang tersebar dalam rantai yang terletak kira-kira dari barat laut ke tenggara dengan jarak sekitar 420 mil.


Masyarakat Tuvalu adalah orang Polinesia, dan bahasa mereka adalah Tuvaluan. Walaupun begitu, masyarakat di sana sangat terikat erat dengan Pulau Samoa Nui, yang mana pada zaman prasejarah dihuni oleh orang Mikronesia dari Kepulauan Gilbert.


Bahasa lainnya seperti bahasa Inggris juga diajarkan di sekolah-sekolah dan digunakan secara luas. Sebagian besar penduduknya adalah anggota Gereja Tuvalu.


Meskipun kebanyakan masyarakat Tuvalu tinggal di pulau-pulau terluar bersama keluarga dan kelompok desa, ada sekitar sepertiga dari penduduk Tuvalu yang tinggal di Pulau Funafuti, yang mana pulau itu merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan di negara itu.


Tak Punya Tentara

Menariknya, mengutip dari berbagai sumber, Tuvalu tidak memiliki tentara militer di negaranya. Negara merupakan anggota Commonwealth yang berbentuk monarki parlementer, maka dari itu Inggris yang bertanggung jawab menjaga kedaulatannya.


Meskipun kebanyakan masyarakat Tuvalu tinggal di pulau-pulau terluar bersama keluarga dan kelompok desa, ada sekitar sepertiga dari penduduk Tuvalu yang tinggal di Pulau Funafuti, yang mana pulau itu merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan di negara itu.


Pertumbuhan populasi diperlambat oleh keluarga berencana, dengan harapan hidup sekitar 60 tahun. Sekitar 10 persen penduduk tinggal di luar negeri, baik mengejar pendidikan, bekerja di industri fosfat Nauru, atau bekerja di kapal dagang.


Bergantung Bantuan Asing

Kebanyakan orang Tuvalu adalah petani subsisten, mereka menanam suku, panda, kelapa, talas dan pisang dan tak sedikit dari mereka bergantung kepada kerabat yang berada di luar negeri dengan mengirimkan sejumlah uang. Bahkan Kopra atau daging buah kelapa yang dikeringkan itu diproduksi untuk ekspor.  


Tak hanya itu, penduduk Tuvalu juga berprofesi sebagai peternak dan nelayan. Serta memelihara babi dan ayam dan menangkap burung laut, ikan dan kerang untuk dimakan. 


Kemudian penduduknya berjualan perangko dengan pendapatan yang tidak seberapa, dan biaya dikumpulkan dari armada penangkap ikan asing, tetapi negara ini sangat bergantung pada bantuan asing.


Dengan mengimpor sebagian besar makanan, bahan bakar, dan barang-barang manufakturnya. Fiji, Australia, Selandia Baru, dan Jepang adalah di antara mitra dagang utama negara itu. Ritel ditangani oleh masyarakat koperasi berbasis komunitas. 


Tuvalu menggunakan mata uang Australia tetapi juga mengeluarkan mata uangnya sendiri. Ada satu bank, usaha patungan pemerintah komersial. (riki/dtc)


Redaktur: ZB



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait